Yatim Piatu Harus Jadi Perhatian Bersama

Permudah Bantuan Melalui Adminduk

JADI PERHATIAN: Sejumlah anak yatim piatu berkumpul jelang buka bersama di Pendapa Wahyawibawagraha

RADAR JEMBER.ID – Jumlah anak yatim piatu di Kabupaten Jember pada 2018 lalu tercatat sebanyak 10.500 jiwa. Nah, di tahun 2019 ini diperkirakan masih ada puluhan anak yatim piatu baru yang belum terdata.

IKLAN

Ke depan, Pemkab Jember memastikan tidak sekadar memberikan santunan saja, tetapi juga menyelesaikan administrasi kependudukan (adminduk) seluruh anak yatim piatu.

Adminduk bagi anak yang tidak memiliki bapak atau ibu atau keduanya, menurut Bupati Jember dr Hj FaidaMMR, merupakan hal yang cukup penting. Melalui Adminduk, maka urusan akses bantuan bisa lebih mudah. Sebaliknya, tanpa adminduk, anak yatim piatu akan sulit mengakses bantuan dari pemerintah.

“Anak-anak (yatim piatu) ini bukan hanya perlu disantuni, tetapi juga harus dipastikan adminduknya. Anak harus mempunyai akta kelahiran dan kartu identitas anak. Ini untuk mengakses segala macam bantuan dari pemerintah, karena memang hak mereka,” papar Faida di Pendapa Wahyawibawagraha dalam acara buka bersama anak yatim piatu yang diadakan Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Jember serta organisasi wanita lainnya.

Dikatakannya, anak-anak tersebut berhak atas program sosial pemerintah sesuai dengan peraturan bupati. “Kepedulian bapak ibu telah mengantar anak-anak sampai ke pendapa. Saya juga berterima kasih,” ucapnya.

Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Jember Hj Iriane Mirfano mengatakan, buka bersama sebelumnya hanya ditargetkan bersama 100 anak yatim. “Anak yatim dan yatim piatu ini melebihi target awal, yaitu 100 anak yatim dan yatim piatu, yang hadir ada 500 lebih,” ujarnya.

Dalam buka bersama tersebut juga terdapat tausiah yang disampaikan Ustad Idris Mahmudi. Menurutnya, salah satu di antara amal yang disesalkan oleh orang-orang yang meninggal yaitu tidak bersedekah semasa hidupnya.

“Bersedekah di bulan ini insyaallah dilipatgandakan. Bulan Ramadan ibarat promo atau diskon besar-besaran. “Sesuai hadis Nabi Muhammad SAW, barang siapa yang menyantuni dan merawat anak yatim, maka kelak akan dekat dengan Nabi Muhammad di surga,” tegasnya. (*)

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : nur hariri

Editor : Hadi Sumarsono