Mahasiswa Thailand Gelar Bazar Makanan

Obati Rindu Kampung Halaman

KANGEN RUMAH: Beginilah cara mahasiswa asal Thailand mengobati kerinduan mereka pada kampung halaman. Mahasiswa menggelar bazar makanan asal negara mereka sendiri di bilangan Jalan Jawa 8 Jember.

RADAR JEMBER.ID – Seperti apa rasanya menjalani Ramadan jauh dari keluarga dan kampung halaman. Apakah ada kerinduan yang terpendam? Inilah yang coba diungkapkan sejumlah mahasiswa muslim asal Thailand yang kuliah di Universitas Negeri Jember (Unej). Untuk mengobati rasa kangen itu, mahasiswa menggelar bazar makanan asal negara mereka sendiri di bilangan Jalan Jawa 8 Jember.

IKLAN

“Kegiatan ini sebagai obat rindu kami yang belum bisa pulang. Setidaknya kami bisa merasakan makan khas negara sendiri,” ujar Aseesah, salah satu mahasiswa asal Thailand, dengan logat khas Melayu, kemarin. Selain mengobati kerinduan, menurut dia, acara itu juga menjadi sarana mempererat hubungan keluarga sesama mahasiswa asal negeri Gajah Putih.

Mereka memanfaatkan momen ini sebagai bentuk pelepas rindu kampung halaman. Sebab, sebelum menjadi mahasiswa rantau, mereka biasanya berkumpul bersama keluarga di bulan Ramadan. “Kami menjajakan makanan mulai pukul 19.30 sesudah salat tarawih sampai pukul 23.00,” kata Aseesah.

Dalam bazar itu, mahasiswa menyediakan beragam makanan khas Thailand. Mulai dari hidangan untuk makan besar sampai makanan ringan. Meski tema besar bazar tersebut makanan khas Thailand, tapi banyak juga mahasiswa Jember yang ikut nimbrung. Mereka membeli berbagai kudapan itu karena penasaran ingin mencicipi seperti apa rasa makanan yang berbeda negara.

“Iya boleh. Siapa saja boleh ikut membeli. Tapi ada beberapa makanan yang mungkin terasa aneh di lidah orang Indonesia,” jelasnya.

Kendati begitu, Aseesah menambahkan, dari sekian makanan dan minuman yang dijajakan, ada beberapa yang sudah akrab dengan lidah orang Indonesia, seperi mi kuetiau maupun teh Thailand atau thai tea. Bahkan, sekarang thai tea menjadi salah satu jenis minuman yang digandrungi kaum muda Indonesia. “Orang Indonesia itu paling suka thai tea,” tandasnya. (*)

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : nurul azizah

Editor : Mahrus Sholih