Ratusan Orang Tercatat Ikuti DTS

Mayoritas Daftar dari Rumah

DARING: Seorang warga mendaftar DTS dengan didampingi pegawai Kominfo Jember di halaman Pendapa Wahyawibawagraha

RADAR JEMBER.ID – Program Digital Talent Scholarship (DTS) yang digulirkan di Jember sepertinya mendapat antusias besar dari pelajar dan masyarakat umum. Buktinya, ratusan orang telah tercatat untuk mengikuti beasiswa gratis untuk pelatihan dan pengembangan di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) tersebut.

IKLAN

Kasie Smart City Diskominfo Kabupaten Jember Rahmat Agung menjelaskan, program DTS menjadi kesempatan penting para pecinta TIK untuk mengembangkan bakatnya. “DTS dari Badan Penelitian dan Pengembangan SDM (BPSDMP) Kementerian Kominfo Surabaya ini tidak semua kabupaten dapat. Sehingga kesempatan ini harus diambil dan dimanfaatkan dengan baik oleh pelajar dan warga di Jember,” paparnya.

Menurutnya, DTS yang digulirkan tersebut akan memberikan pelatihan berbagai jenis yang kaitannya dengan TIK. “Latihan DTS ada beberapa kelompok, ada untuk lulusan SMK, mahasiswa, para guru atau dosen, dan masyarakat umum. Masing-masing kategori memiliki program yang berbeda-beda,” paparnya.

Menurutnya, sejak dibuka beberapa hari ini, sudah ada ratusan orang yang tercatat akan ikut DTS. “Hari Senin kemarin sudah 200 lebih, sekarang pasti sudah meningkat lagi. Untuk pendaftarannya mayoritas daftar dari rumahnya masing-masing secara online (daring). Sementara pembukaan di halaman pendapa ini hanya untuk melayani mereka yang akan konsultasi atau mau daftar secara langsung,” paparnya.

Sementara itu, Kabid Informasi dan Publikasi Diskominfo Jember Habib Salim mengungkapkan, program DTS untuk peningkatan keterampilan dan daya saing SDM di bidang TIK tersebut tak lain untuk menyongsong Revolusi Industri 4.0. Untuk itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat tidak menyia-nyiakan kesempatan yang ada tersebut.

“Program DTS ini tidak ada di semua kabupaten dan kampus yang kerja sama. Untuk itu, kami mengimbau agar pelajar, mahasiswa, dosen, serta masyarakat umum untuk mengambil kesempatan baik ini. Peserta nantinya juga akan mendapat sertifikat DTS,” imbaunya.

Data yang berhasil dikumpulkan, lahirnya program DTS tersebut tak lain menyiapkan ahli-ahli TIK karena pemerintah pusat memprediksikan akan ada 2,1 jenis lowongan kerja baru yang kaitannya dengan dunia teknologi dan informatika. Untuk itu, pemerintah menyiapkan tenaga di bidang TIK dengan program DTS tersebut. (*)

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : nur hariri

Editor : Hadi Sumarsono