Taaruf di Hari Pertama Sekolah

“Di masa taaruf ini pada intinya sama. Untuk mengembangkan karakter anak dan mengedepankan prosesnya. Kami melakukan pendekatan di kelas dengan suasana kelas yang menyenangkan, kreatif dan inovatif.”

RADAR JEMBER.ID – Hore… hari ini hari pertama masuk sekolah. Bagi anak-anak kelas 1 SD yang masih imut-imut berseragam merah putih, hari pertama bisa menjadi kenangan indah, pahit, dan unik.

IKLAN

Selain anak-anak dan orang tuanya yang menyiapkan hari pertamanya, pihak sekolah tentu sudah mempersiapkan program penyambutan bagi murid barunya. Seperti yang dilakukan pihak SD Al-Baitul Amien 1 Jember. Untuk menyambut murid barunya kelas 1, mereka sudah mempunyai program Masa Taaruf Siswa. “Hari Jumat (12/7) dan Sabtu (13/7) kemarin anak-anak kelas 1 sudah masuk, untuk perkenalan lingkungan sekolah barunya,” terang Hizbullah Muhib, Kepala SD Al-Baitul Amien 1 Jember.

Masa taaruf itu meliputi banyak kegiatan. Seperti sosialisasi terkait dengan dunia anak-anak, serta mengenalkan nilai-nilai akhlak dalam belajar mengajar di kelas. “Kami mengenalkan adaptasi murid selama di sekolah. Juga menerapkan full day school, sebelum kami latih rohani dan jasmaninya,” imbuh pria yang kerap disapa Muhib ini.

Sedangkan bagi orang tua siswa, dalam hari-hari awal masa taaruf itu, mereka dianjurkan untuk mengantarkan putra-putrinya langsung ke sekolah. SD Al-Baitul Amien sendiri menerapkan metode lima S. Yakni senyum, sapa, salam, sopan, dan santun. “Di masa taaruf ini pada intinya sama. Untuk mengembangkan karakter anak dan mengedepankan prosesnya. Kami melakukan pendekatan di kelas dengan suasana kelas yang menyenangkan, kreatif, dan inovatif,” ujarnya.

Hari ini, siswa baru SD Al-Baitul Amien 1 masih belum diberikan pelajaran aktif. Mereka akan adaptasi kembali dengan lingkungan kelas serta pembentukan struktur kelas. “Sebelumnya orang tua harus memahami ruang kelas anaknya. Kalau bisa mengantarkan langsung ke kelasnya, untuk anak kelas 1-4. Kalau untuk anak kelas 5-6 biasanya diantar sampai gerbang saja,” pungkas Muhib.

Tahun ini SD Al-Baitul Amien 1 menerima 112 siswa baru. Dibagi empat kelas, masing-masing kelas ada 28 anak. (*)

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Muchammad Ainul Budi

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti