Jalaka Palagri yang Digagas Unej Diikuti 26 PT Se-Indonesia

Puluhan Satmenwa Adu Ketangkasan

MERAYAP TALI: Salah satu peserta Jalaka Palagri menunjukkan kepiawaiannya dalam perlombaan rayapan tali, kemarin. Setiap peserta mengeluarkan seluruh kemampuan untuk menjadi yang terbaik.

RADAR JEMBER.ID – Satuan Resimen Mahasiswa (Satmenwa) 807 Universitas Jember kembali menggelar ajang perlombaan ketangkasan bertajuk Jalaka Paragri IV 2019. Selama dua hari, sebanyak 70 anggota Satmenwa dari 26 perguruan tinggi (PT) ikut ambil bagian.

IKLAN

Mereka unjuk kebolehan dalam berbagai cabang ketangkasan khas militer di Sekolah Calon Bintara (Secaba) Rindam V Brawijaya. Event dua tahunan yang dicetuskan Satmenwa 807 Unej ini melombakan navigasi darat, rayapan tali, jembatan tali, kesehatan lapangan, lempar pisau dan kapak, bongkar pasang senjata, serta lari lintas alam.

Mulai tahun ini, Jalaka Palagri melombakan cabang lomba esai. Tema yang diambil adalah “Peran Menwa dalam Menciptakan Generasi yang Tangguh dan Berjiwa Pancasila dalam Mempersiapkan Pembangunan Nasional di Era Revolusi Industri 4.0”.

Lomba itu dipilih karena sesuai dengan moto Menwa, yakni Widya Castrena Dharma Siddha. Artinya, penyempurnaan pengabdian dengan ilmu pengetahuan dan ilmu keprajuritan. “Selain harus menguasai ilmu keprajuritan, anggota juga harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi,” tutur Bintara Putra Chandra, Komandan Satmenwa 807 Universitas Jember.

Adu ketangkasan itu dibagi menjadi dua hari. Hari pertama (13/7) diisi dengan lomba navigasi darat, rayapan tali, jembatan tali, kesehatan lapangan, lempar pisau dan kapak, dan bongkar pasang senjata. Untuk lomba esai digelar sore harinya hingga malam.

Sesuai tradisi, dalam pelaksanaan tidak ada pembedaan antara mahasiswa dan mahasiswi. Semua peserta lomba, baik mahasiswa maupun mahasiswi, kami perlakukan sama di semua cabang lomba. “Sementara untuk lomba lari lintas alam diselenggarakan Minggu pagi, rutenya berawal dari Hotel Green Hill Rembangan menuju puncak Rembangan,” ujar Ananda Wahyu Adiwinasis, koordinator operasional Jalaka Palagri IV 2019.

Keyakinan untuk mampu meraih prestasi diungkapkan Dewi Warsini, anggota Satmenwa asal Universitas Panca Marga, Probolinggo. “Saya tidak khawatir jika harus bersaing dengan anggota menwa lainnya, khususnya para mahasiswa. Sebab, saya sudah mempersiapkan diri selama kurang lebih sebulan untuk menghadapi Jalaka Palagri yang diselenggarakan oleh Satmenwa 807 Universitas Jember,” ungkap Dewi yang berlomba bersama tiga rekannya dari Satmenwa Universitas Panca Marga.

Selain Dewi, masih banyak peserta lain dari berbagai perguruan tinggi swasta dan negeri di tanah air. Ada yang dari Universitas Airlangga, Universitas Negeri Semarang, UIN Malang, UIN Wali Songo Semarang, Universitas Merdeka Madiun, Universitas Negeri Surabaya, dan perguruan tinggi lainnya.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Zulfikar, Wakil Rektor I Universitas Jember, ini memang banyak peminatnya. Dalam sambutannya, Zulfikar mengharapkan agar para anggota menwa yang berpartisipasi menjadikan kegiatan ini sebagai ajang membina kemampuan olah keprajuritan dan kecendekiaan dengan seimbang.

“Bangun jiwa korsa dan solidaritas di antara anggota menwa, dan manfaatkan sebaik mungkin keberadaan Anda semua selaku anggota menwa sebagai salah satu kegiatan mahasiswa yang bertujuan membentuk karakter mahasiswa dan memupuk rasa cinta tanah air,” pesan Zulfikar. (*)

Reporter : Lintang Anis Bena Kinanti

Fotografer : Istimewa

Editor : Hafid Asnan