K-9 Milik TNI AL Surabaya Juga Ikut Seleksi JFC

Peserta Luar Jember Berebut Ikut Seleksi

BAWA AYAM HIAS: Peserta seleksi karnaval hewan JFC saat membawakan ayam hiasnya dalam Grand Jury Pets Carnival

RADAR JEMBER.ID – Para peserta yang bakal mengikuti Jember Fashion Carnaval (JFC) mulai diseleksi. Hari pertama penjurian bagi peserta seleksi kemarin khusus pets carnival di Edelwies Hotel Cempaka Hill. Para peserta luar daerah banyak berdatangan bersama hewan peliharaannya.

IKLAN

Total ada lima jenis hewan yang masuk daftar seleksi untuk peserta JFC nanti. Yakni kucing, ayam hias, musang, anjing, dan reptil. Untuk reptil meliputi iguana dan ular.

David Susilo, Development program JFC, menuturkan, pets carnival ini menjadi yang kedua kalinya tahun ini. “Konsep yang kami usung kali ini lebih menekankan sosialisasi mengenai kesehatan dan kesejahteraan hewan. Masyarakat pada umumnya harus peduli pada hewan peliharaan yang ada di jalanan. Seperti kucing, anjing, dan hewan lainnya,” jelas pria yang kerap dipanggil David ini.

Peserta seleksi tahun ini juga lebih antusias ketimbang tahun lalu. Para peserta banyak berdatangan dari luar kota Jember. “Bahkan anjing dari K-9 TNI AL Surabaya juga hadir untuk ikut seleksi. Kami sangat mengapresiasi antusias peserta,” imbuhnya.

Untuk penjurian, ada tiga orang juri. Dua orang dari pihak JFC sendiri, dan satu orang juri perwakilan dari Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI). Serta melibatkan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Total ada 135 peserta yang mengikuti seleksi karnaval hewan itu. Nantinya, hanya ada 90 peserta yang diambil.

Sementara itu, salah satu peserta yang mengikuti seleksi karnaval hewan, yakni Syalendra, datang bersama beberapa rekannya sesama anggota komunitas. Dalam memeragakan di depan juri, Syalendra mengadopsi tema Mongolia.

Dengan membawa dua ayam poland-nya dari komunitas ayam hias Jember Poland (Jempol), pemuda 28 tahun ini menampilkan ayam jantan dan betina yang berada di sisi kiri dan kanannya. “Tahun lalu saya juga sudah ikut. Sekarang ikut lagi. Selain ingin memperkenalkan ayam hias, juga ingin berpartisipasi dalam event sebesar JFC ini,” ujarnya. (*)

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Muchammad Ainul Budi

Editor : Hafid Asnan