Ranting Patah Timpa Pengendara Motor

NYARIS MEMBAWA KORBAN: Ranting pohon jenis gundang yang tiba-tiba patah di Km 37 ke jalan raya jurusan Jember-Banyuwangi di Dusun Gumitir, Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo

RADAR JEMBER.ID – Jalur Gumitir memang menjadi salah satu jalur yang harus diwaspadai oleh pengendara yang lewat dari dan menuju Banyuwangi. Selain jalannya yang berkelok, terdapat banyak pepohonan yang berusia tua. Tak jarang terjadi pohon tumbang atau ranting dahan yang jatuh ke tengah jalan, sehingga membahayakan pengemudi roda dua dan roda empat.

IKLAN

Seperti yang dialami salah satu pengendara motor yang nyaris menjadi korban. Itu setelah ranting berukuran besar patah akibat diterpa hujan dan angin sejak pagi. Beruntung saat ranting tersebut jatuh, hanya bagian kecilnya saja yang menimpa pengendara tersebut, sehingga tak sampai mengakibatkan korban jiwa.

Amir, 40, pemilik warung yang tidak jauh dari lokasi menyebutkan, selain tumbang ke jalan raya, dahan tersebut juga menimpa kabel PJU di jalur Gumitir tersebut. Akibatnya, sekitar 100 meter kabel terputus dan mengalami gangguan.

Kejadian tersebut juga sempat membuat jalur Gumitir macet di dua arah. Meski begitu, kemacetan tak berlangsung lama. Sebab, patahan ranting tersebut langsung dievakuasi oleh warga sekitar dengan dibantu Polsek Silo dan anggota TRC Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember.

Kapolsek Silo AKP Hari Wahyono membenarkan terjadinya pohon yang patah dan melintang di jalan raya. Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada pengguna jalan yang melintas saat hujan deras, agar lebih berhati-hati dan waspada. “Karena di jalur Gumitir banyak pohon yang sudah lapuk dan mudah sekali roboh dan tumbang,” pungkas hari. (*)

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti