Enam Partai Kuasai Dapil IV Jatim

BONDOWOSO RADAR JEMBER.ID– Berdasarkan hasil penghitungan tingkat provinsi, enam partai berhasil menghabiskan kuota kursi di Dapil IV DPRD Jatim. Wilayahnya adalah Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi. Dari form DC-1 DPRD provinsi, terlihat jika enam partai menguasai Dapil IV.

IKLAN

Berdasarkan pembagian kursi sistem sainte league, Dapil IV DPRD Jatim, PKB mendapatkan 3 kursi. Disusul PDI-P mendapat 2 kursi. Sedangkan Gerindra, Demokrat, Golkar, dan PPP sama-sama mendapat satu kursi. PKS, Nasdem, PAN, dan beberapa partai lainnya sama sekali tidak mendapatkan kursi. Sebab, peringkat pembagiannya tidak mencukupi untuk mendapatkan satu kursi sekalipun.

Ketua GP Ansor Bondowoso Kaprianto melihat, sistem sainte league yang dipakai saat ini memunculkan persaingan ketat. Karenanya, partai harus berjuang maksimal. Jika hanya satu orang saja yang bergerak, maka tidak akan mendorong partai mendapatkan kursi. “Sebab, yang dihitung adalah suara partai, bukan suara personal,” tegasnya.

Pihaknya melihat, persaingan seluruh tingkatan sangat ketat. Keberhasilan satu partai misalnya, tidak hanya ditopang dengan satu caleg saja. Melainkan seluruh caleg memiliki peran penting. Sebab, suara mereka otomatis menjadi hitungan suara partai.

Penelusuran Radarjember.id, penghitungan di tingkat provinsi khusus untuk DPRD provinsi, daerah Bondowoso berlangsung alot. Sebab, ada saksi partai yang keberatan. Yakni dari Partai Nasdem. Karenanya, KPU Bondowoso sempat melakukan beberapa langkah untuk menyelesaikannya. “Penghitungan sampai sempat di-pending. Namun, akhirnya bisa kami selesaikan. Kami menyesalkan kenapa keberatan itu muncul saat di provinsi, sementara yang menjadi bukti adalah C-1. Seharusnya, C-1 itu sudah selesai saat saksi menyaksikan penghitungan kecamatan atau pengisian form DA,” tegas Junaidi, komisioner KPU yang berjuang menyelesaikan permasalahan ini di provinsi. (*)

Reporter : Solikhul Huda

Fotografer : solikhul huda

Editor : Narto