Bursa Inovasi Desa Akomodir Kepentingan Perempuan

MENYIMAK: Beberapa peserta dari perwakilan pegiat perempuan di desa mengikuti arahan bursa pengembangan SDM di acara bursa inovasi desa, Selasa (13/8).

RADARJEMBER.ID, JEMBER– Sektor pengembangan sumberdaya manusia (SDM) menjadi salah satu program prioritas dalam acara Bursa Inovasi Desa (BID), Selasa(13/8) di Kecamatan Bansalsari. Sektor pemberdayaan perempuan menjadi salah satu isu yang cukup diperhatikan dalam program pengembangan SDM tersebut.

IKLAN

“Setidaknya mereka (permpuan, Red) bisa ikut andil dalam setiap program yang biasanya menjadi pekerjaan mereka,” kata Totok Hermanto, Ketua Panitia BID. Karena, kata dia, dengan adanya program pemgembangan perempuan, bisa menjadi wadah untuk mengakomodir kepentingan perempuan itu sendiri.

BID di Bangsalsari diikuti sekitar 135 orang perwakilan tiap-tiap desa yang ada lima kecamatan. Yakni Umbulsari, Bangsalsari, Semboro, Tanggul dan Kecamatan Sumberbaru. Program BID itu menampilkan potensi desa yang dapat menciptakan berbagai produk kerajinan dengan memanfaatkan potensi alam dan SDM desa setempat.

Tak hanya memberikan pelatihan, seminar dan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kapasitas perempuan juga digelar. Dengan adanya program pemberdayaan terebut, perempuan diharapkan bisa ikut membantu kebutuhan keluarga khususnya dari segi ekonomi. “Perempuan menjadi lebih mandiri dan syukur-syukir bisa ikut membantu keluarga,” tutupnya. (*)

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Nurul Azizah

Editor : Mahrus Sholih