Ramadan, Momen Kembali ke Masjid

BERAGAM KEGIATAN: Takmir Masjid Al Hikmah Universitas Jember mengadakan berbagai agenda untuk mengisi bulan Ramadan tahun ini. Salah satunya dengan tablig akbar yang diisi oleh KH Mushodiq Fikri.

RADAR JEMBER.ID – Ramadan hendaknya menjadi momen bagi kaum muslim untuk kembali ke masjid. Hal ini dimaknai dengan gerakan memakmurkan masjid, dengan cara selalu melaksanakan salat lima waktu di masjid. Kedua, menjadikan masjid sebagai pusat kajian agama dan diskusi terkait berbagai permasalahan umat.

IKLAN

Tausiah ini disampaikan oleh KH Mushodiq Fikri (Gus Fikri), pengasuh Pondok Pesantren Riyadhus Sholihin, kala menjadi pemateri dalam kegiatan Tablig Akbar bersama keluarga besar Universitas Jember yang digelar di Masjid Al Hikmah Kampus Tegalboto, kemarin (10/5). Dirinya mengajak seluruh masyarakat, khususnya civitas academica Unej untuk menjadikan momentum Ramadan sebagai momen kaum muslimin untuk kembali ke masjid.

Alumnus FISIP Universitas Jember ini mengapresiasi langkah almamaternya yang istiqamah memakmurkan masjid Al Hikmah melalui berbagai kegiatan yang dimotori oleh para mahasiswa yang tergabung dalam UKM Kerohanian Islam Lembaga Dakwah Kampus (LDK). “Saya berharap ada lulusan Kampus Tegalboto yang meniru sosok Ibnu Khaldun, sosiolog yang juga penghafal Alquran, seperti sosok Ibnu Sina yang dokter tapi juga sekaligus ulama,” ujar Gus Fikri.

Harapan Gus Fikri disambut hangat oleh Abdul Majid, pembina LDK dan pengurus takmir Masjid Al Hikmah. Menurutnya, selama ini LDK dan pengurus takmir sudah memiliki berbagai program yang menjadikan Masjid Al Hikmah sebagai pusatnya. “Di bulan Ramadan ini setiap selesai salat Zuhur ada kultum, sementara di bakda Asar rutin diadakan kajian berbagai kitab kuning sambil menunggu azan Magrib seperti kitab Fathul Qorib, kitab Taqrib, kitab Ta’lim Muta’alim, dan lainnya,” jelas Abdul Majid.

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Dekan III Fakultas Pertanian ini menambahkan, kegiatan ini berlanjut dengan tarawih, tadarus, hingga iktikaf dan sahur bersama. Selain itu, di setiap hari Jumat diselenggarakan kegiatan khotmil Quran juz 30 yang diselenggarakan oleh Komunitas Pecinta Alquran (Kompaq).

Sementara itu, dalam sambutannya, Prof M. Sulthon, Wakil Rektor III Universitas Jember menegaskan bahwa Unej konsisten dalam mempertahankan tradisi baik seperti pengajian setiap hari Jumat di setiap bulan Ramadan dan di kesempatan lainnya. “Ramadan bulan yang tepat untuk meningkatkan ketakwaan kita,” pungkas Wakil Rektor III Universitas Jember. (*)

Reporter : Lintang Anis Bena Kinanti

Fotografer : istimewa

Editor :