Pencurian Sapi Digagalkan Polisi dan Warga

Ditinggal di Tengah Sawah

DITINGGAL DI SAWAH: Sapi jenis Limousin milik Babun, warga Dusun Kauman, Desa/Kecamatan Tempurejo, yang sempat dicuri ditinggal di tengah sawah setelah dikepung warga dan polisi.

RADAR JEMBER.ID – Ini peringatan kepada warga yang mempunyai hewan ternak seperti sapi dan kambing. Memasuki bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri, aksi pencurian hewan ternak mulai marak. Seperti yang terjadi di wilayah Tempurejo, Sabtu dini hari kemarin (11/5).

IKLAN

Sapi jenis Limousin berusia lima tahun milik Babun, warga Dusun Kauman, Desa/Kecamatan Tempurejo, sempat digondol maling dengan cara memotong tali yang diikatkan di dalam kandangnya. Beruntung, aksi yang dilakukan pelaku itu sempat dipergoki Jumlati, tetangga Babun, yang mendengar suara kalung di leher sapi tersebut. Ia pun langsung memberi tahu kepada pemiliknya.

Mendengar sapinya dibawa pelaku ke arah persawahan, korban langsung pergi ke rumah M Alwi, Kades Tempurejo, serta melapor ke Polsek Tempurejo. Petugas sempat menuju daerah perkebunan karet milik Kebun Mumbulsari. Tetapi karena tak kunjung muncul, pencarian dilakukan di sekitar makam yang lokasinya tak jauh dari rumah korban. Ternyata benar, sapi berbulu cokelat itu dilepas di sekitar pemakaman yang tidak jauh dari rumah korban.

Kapolsek Tempurejo AKP Suhartanto membenarkan terjadinya pencurian sapi, namun berhasil digagalkan oleh petugas dibantu warga. Pelaku diduga lebih dari satu orang, karena menurut korban ada satu temannya yang naik motor yang berhenti di sebelah barat rumahnya.

Untuk mencegah hal serupa terjadi lagi, pihaknya memberlakukan jam malam. “Kita imbau juga untuk mengaktifkan lagi siskamling,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mengimbau kepada warga, khususnya di daerah Tempurejo, untuk segera melapor apabila melihat orang yang mencurigakan. Khususnya yang melintas di jalan di atas pukul 00.00. “Petugas ronda bisa menanyakan, kalau perlu meminta KTP-nya. Kalau memang mencurigakan, segera melaporkan kepada anggota di polsek,” tegasnya. (*)

Reporter : Jumai

Fotografer : jumai

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti