Bahasan Rakercab Pramuka Lumajang

Diminta Lebih Kreatif dan Mandiri

HARUS BERDIKARI: Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati berpidato dalam rakercab Pramuka. Dia meminta organisasi berbaju cokelat itu lebih kreatif dan mandiri secara ekonomi.

LUMAJANG RADAR JEMBER.ID – Pramuka di Lumajang dikenal sering melahirkan bibit unggul dan berprestasi. Untuk itu, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati menyerukan kepada para pengurus gerakan Pramuka di kabupaten setempat meningkatkan pembinaan kepada para kader organisasi berlambang tunas kelapa tersebut.

IKLAN

“Kita sudah dikenal di mana-mana sebagai Pramuka yang terus memunculkan bibit-bibit unggul dan Pramuka andal yang berprestasi,” katanya, saat membuka acara Rapat Kerja Cabang Gerakan Pramuka Lumajang 2019, akhir pekan kemarin.

Perempuan yang juga menjabat Kepala Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Lumajang itu meminta pada para pengurus agar agenda pembahasan program Pramuka tahun ini lebih fokus terhadap kemajuan Pramuka. “Harapannya, Pramuka semakin berprestasi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Wabup juga mendorong para pengurus agar segera membentuk lembaga usaha di bawah wadah Pramuka. Cara ini dianggapnya dapat mendorong kemandirian dan mengasah keterampilan pengurus yang dinilainya memiliki kreativitas.

Dengan demikian, alokasi anggaran yang diperuntukkan Pramuka diharapkannya mampu dikembangkan menjadi usaha mandiri kepramukaan. Targetnya, Kwarcab Lumajang secara ekonomi bisa lebih tahan banting. “Kwarcab harus mempunyai usaha mandiri agar menjamin keberlangsungan dan eksistensinya,” tandasnya. (*)

Reporter : Ahmad Jafin

Fotografer : istimewa

Editor : Mahrus Sholih