Puting Beliung Robohkan Beringin 50 Tahun

Juga Tumbangkan Puluhan Sengon

MENIMPA RUMAH: Sebuah pohon beringin di persimpangan Jalan Wolter Monginsidi, Kelurahan Kranjingan, Kecamatan Sumbersari, roboh setelah diterjang angin puting beliung, kemarin (12/2) siang.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Pohon beringin tergolong salah satu jenis pepohonan yang bisa hidup hingga ratusan tahun. Namun, akibat angin kencang yang terjadi di wilayah perkotaan, kemarin (12/2), sebuah pohon beringin yang ‘baru’ berusia 50 tahun roboh dan ambruk hingga nyaris menimpa warga sekitar.

IKLAN

Pohon beringin yang ambruk di Jalan Wolter Monginsidi, Kelurahan Kranjingan, Kecamatan Sumbersari, menimpa teras rumah milik Saiful, warga setempat. Beruntung, pemilik rumah sedang tidak berada di tempat. “Kebetulan rumah itu sedang kosong, sehingga tidak ada korban jiwa,” ujar Samsul, 34, warga Jalan Wolter Mangunsidi, Kelurahan Kranjingan, Kecamatan Sumbersari.

Tak hanya itu, pohon berdiameter sekitar tiga meter ini juga nyaris menimpa Moch Syaiful Ansori, 27, warga Dusun Sumberrejo, Desa Yosorati, Kecamatan Sumberbaru, yang saat itu tengah berteduh di bawahnya. Saat angin kencang datang, Syaiful yang sebelumnya tengah berkendara dengan sepeda motornya memutuskan untuk berteduh dan duduk di atas motornya.

Tiba-tiba, pohon mulai miring perlahan, bahkan sempat mengenai motor hingga mengalami rusak parah di bagian depan. Beruntung, saat pohon mulai miring, Syaiful berhasil menyelamatkan diri dengan berlari ke arah yang lebih aman. Bagian ujung pohon beringin juga menimpa atap rumah dan sebagian kantor Kelurahan Kranjingan, Kecamatan Sumbersari.

Angin puting beliung yang melanda kawasan perkotaan, kemarin, tidak hanya merobohkan pohon beringin berumur 50 tahun, tetapi juga puluhan pohon sengon yang berada tidak jauh dari tempat tersebut. Bahkan, pohon sengon yang tumbang juga menimpa jaringan listrik bertegangan tinggi, menyebabkan jaringan putus dan penerangan listrik di wilayah Kranjingan padam.

Akibat putusnya jaringan PLN tersebut, puluhan personel dari PLN turun ke lokasi untuk memotong pohon sengon. Sedangkan pohon beringin yang menimpa rumah Saiful juga langsung ditangani puluhan personel dari BPBD Jember, dan langsung melakukan pemotongan pohon. Beberapa gergaji mesin milik BPBD Jember digunakan untuk memotong ranting pohon beringin yang roboh. “Beruntung, pohon yang besar itu tidak roboh ke jalan provinsi, karena jalan itu dilewati kendaraan besar dan bus,” ujar Samsul.

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti