Pagar Makan Tanaman, Satpam PG Semboro Dalangi Pencurian Besi Pabrik

CECAR PERTANYAAN : Salah seorang pelaku, Agil Bangkit, memberikan keterangan ke polisi terkait aksi pencurian besi PG Semboro yang melibatkan satpam.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Karyawan dan satpam PG Semboro melakukan pencurian besi secara masal. Pencurian dilakukan dini hari antara pukul 01.00 sampai 03.00. Awalnya ada empat orang yang tertangkap basah saat membawa barang curian tersebut.

IKLAN

Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap empat pelaku yang diamankan, kini jumlahnya mengembang. Puluhan satpam dijadikan saksi karena mereka juga menikmati hasil penjualan besi yang dicuri dari dalam pabrik.

Rupanya, saat mobil pikap P 9523 K yang disopiri Agil Bangkit, 33, warga Dusun Babatan, Desa Sidomekar, Semboro, CCTV yang ada di Pos Satpam dimatikan.
Demikian juga setelah barang yang akan dibawa keluar dari dalam pabrik CCTV juga dimatikan. Sehingga praktik pencurian yang dilaukan pelaku ini sangat rapi.

Agil yang menjadi karyawan bagian teknik bagian tukang angkut BB besi berbagai jenis. Barang yang diambil dari dalam pabrik itu dijual ke pengepul rongsokan di wilayah Tanggul dan Lumajang, Jawa Timur. Sementara uang hasil penjualan besi dibagi-bagi. Puluhan Satpam menerima bagian uang senilai Rp 2 jutaan.

“Saya lupa kebagian berapa, yang jelas uang hasil penjualan itu tidak rata, saya bagian tukang memasukkan mobil ke dalam. Setelah mobil penuh dikawal oleh Dodik, wakil keamanan,” ujar Agil kepada polisi.

Uang yang jumlahnya banyak langsung dikirim lewat transfer, tetapi kalau uang sedikit langsung diserahkan langsung. Sejak 2019 sudah enam kali aksi pencurian besi itu dilakukan. “Mereka ini melakukan pencurian sangat rapi dan terkoordinir,” ujar Iptu Fathur Rahman, Kapolsek Semboro.

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Mahrus Sholih