Kisah Bambang Riyawan, Pengemudi Taksi Online Mirip Pakde Karwo

Bangga Disapa Pak Gubernur oleh Penumpang

DISANGKA MANTAN GUBERNUR: Sosok Bambang Riyawan, pengemudi taksi daring ini seringkali mengagetkan penumpang, sebab penampilannya mirip Pakde Karwo mantan Gubernur Jatim.

KALIWATES.RADARJEMBER.ID- Bambang Riyawan terlihat duduk santai di trotoar depan pintu masuk sebuah bank swasta di Jalan Gajahmada Jember. Ayah dua anak itu kemudian berdiri dan segera berlalu saat ponsel miliknya berbunyi. Bunti itu pertanda ada orderan masuk dari calon penumpang.

IKLAN

Kakek satu cucu tersebut tercatat sebagai warga Jalan Melati, Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates. Dibanding dengan sopir taksi online yang lain, Bambang memiliki keistimewaan sendiri. Karena memiliki wajah mirip Pakde Karwo, mantan Gubernur Jawa Timur (Jatim).

“Memang banyak orang mengatakan saya ini mirip Pakde Karwo. Banggalah dibilang seperti itu. Dan membawa hoki tersendiri bagi saya sebagai pengemudi taksi online,”ungkap Bambang.

Bagi ‘kembaran’ Pakde Karwo itu, mengemudikan taksi bukanlah hal baru. Sebelumnya, lelaki kelahiran Banyuwangi tersebut sudah menggeluti profesi sopir taksi konvensional mulai 1995 lalu untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

“Karena sekarang teknologi semakin canggih dan muncul transportasi online, maka mulai 2017 lalu saya hijrah menjadi pengemudi taksi online,” ucap dia.

Kepopuleran Bambang mirip Pakde Karwo, membuat ia semakin dikenal orang. Terutama di kalangan sopir taksi daring di Kabupaten Jember.

Bambang sendiri memiliki tipikal humoris dan tidak gampang tersingung. Ia membiarkan orang lain memanggilnya Pakde Karwo atau Pak Gubernur.

“Ada beberapa penumpang memangil saya Pak Gubernur. Bahkan mereka kaget bercampur kasihan melihat pensiunan gubernur jadi sopir taksi dan itu baru pertama kali ada,” tandas suami Sri Bawoniati ini.

Mendengar gojlokan seperti itu, tidak menjadikan Bambang naik darah. Ia malah terpingkal-pingkal karena walau dia hanya pengemudi taksi online, nama Bambang menjadi moncer bak selebritis.

Hal menarik lain yang dialami duplikat Pakde Karwo itu, saat turun dari mobilnya usai mengantar penumpang ke alamat tujuan, ada di antara mereka yang lantas meminta swafoto dengannya sebagai kenang-kenangan. (*)

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Mahrus Sholih