Umat Islam di Jember Salat Idul Adha di Halaman Gereja

INDAHNYA KEBERAGAMAN: Personel Polsek Sumbersari mengamankan jalannya ibadah salat Idul Adha di halaman Gereja HKBP. Pemandangan ini menunjukkan tingkat toleransi antar umat beragama di Jember sangat tinggi.

RADARJEMBER.ID, JEMBER- Pemandangan tak biasa namun tampak indah tergambar di halaman Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Jember di Jl Perum Gunung Batu, Sumbersari. Sebab di halaman rumah ibadah umat Kristiani itu digunakann untuk salat Idul Adha bagi umat Islam, Minggu (11/8).

IKLAN

Pemandangan ini menunjukkan tingkat toleransi antar umat beragama di Jember begitu kuat. Apalagi, pelaksanaan salat Idul Adha 1440 yang jatuh pada hari Minggu tersebut bertepatan dengan jadwal Misa Gereja HKBP. Bahkan, untuk menghormati umat Islam, pelaksanaan Misa diundur setelah salat idul Adha.

Salat Idul Adha yang dilaksanakan sekitar pukul 05.30 hingga 06.30 tersebut dipimpin Ustad Rojak sebagai imam dan khotib. Hampir sekitar 350 umat muslim memenuhi Gereja HKBP.

Kapolsek Sumbersari Kompol Faruk Mustafa Kamil mengatakan, pelaksanaan salat Idul Adha di halaman Gereja ini merupakan bentuk kehidupan yang toleran serta dapat menciptakan kerukunan antara umat beragama. “Karena sejatinya, perbedaan juga menghasilkan kerukunan dan persatuan,” paparnya.

Dalam pelaksanaan shalat idul adha juga nampak terlihat personel pengamanan dari Polsek Sumbersari. Terlihat juga personel TNI dari unsur Babinsa, serta perwakilan Gereja, yakni Pendeta Marthin Butarbutar. (*)

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih