Isi Liburan dengan Baca Buku Perpustakaan

KHUSYUK: Warga Bondowoso yang membaca di perpustakaan milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bondowoso.

BONDOWOSO RADAR JEMBER.ID – Mulai Senin kemarin, PNS dan sebagian besar karyawan swasta memang sudah mulai masuk beraktivitas kerja. Namun, tidak dengan para pelajar. Sebagian besar pelajar di Bondowoso masih menikmati sisa libur Lebaran hingga pertengahan pekan ini. Sebagian di antara mereka ada yang memilih untuk mengisi sisa hari libur dengan hal-hal yang bermanfaat, seperti berkunjung ke perpustakaan.

IKLAN

“Karena di sini lumayan ngadem sambil baca-baca buku. Daripada di rumah bosen juga,” ujar Siti Azizah, salah satu pelajar SLTA yang ditemui Radarjember.id saat menikmati koleksi buku yang ada di perpustakaan milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bondowoso di Jalan Ahmad Yani, Bondowoso Kota, kemarin.

Siti menilai koleksi buku di perpustakaan milik Pemkab Bondowoso memang tidak terlalu lengkap. Namun, karena menjadi satu-satunya perpustakaan publik di pusat kota, mau tidak mau ia tetap memilih berkunjung ke sana. “Setidaknya penataan bukunya rapi dan suasana cukup tenang. Lumayan lah,” papar pelajar kelas X ini.

Siti mengaku, sudah sejak SMP menjadi anggota perpustakaan daerah. Dengan demikian, ia juga bisa mengakses koleksi dengan meminjam buku untuk dibaca di rumah. “Saya biasanya suka baca novel atau buku sejarah. Koleksinya memang sedikit berbeda dibanding perpustakaan di sekolah, karena ini memang untuk masyarakat umum,” papar penggemar novelis Habiburrohman el-Shirazy dan Firsa Bestari ini.

Meski demikian, Siti berharap pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan bisa lebih sering menambah koleksi bukunya. Sebab, tren perbukuan terus bergerak. “Karena perpustakaan ini menjadi ikhtiar di jalur sunyi, untuk mencerdaskan dan memajukan masyarakat Bondowoso. Syukur-syukur kalau bisa bikin roadshow atau semacam perpustakaan keliling, sehingga masyarakat yang ada di pinggiran Bondowoso bisa lebih sering menikmati koleksi perpustakaan tanpa harus jauh-jauh ke kota,” pungkas Siti. (*)

Reporter : Adi Faizin

Fotografer : Adi Faizin

Editor : Narto