Halalbihalal Tumbuhkan Semangat Harmoni dan Sinergi

SALING MEMAAFKAN: Rektor Universitas Jember M Hasan sedang bersalaman dengan pegawai kampus setempat di acara halalbihalal keluarga besar Universitas Jember, kemarin.

RADARJEMBER.ID- Di pengujung Lebaran, masyarakat dan hampir semua instansi di Indonesia menjalani tradisi halalbihalal. Tak terkecuali Universitas Jember. Halalbihalal dikenal sebagai kegiatan silaturahmi yang diisi dengan saling memaafkan.

IKLAN

Ketua LP3M Universitas Jember Ahmad Taufik mengatakan, gagasan halalbihalal berasal dari KH Abdul Wahab Chasbullah saat berbincang dengan Presiden Soekarno. “Halalbihalal ini menjadi salah satu tradisi penting. Karena berisi ajaran memaafkan kesalahan orang lain,” ujarnya, saat ditemui di Gedung LP3M seusai acara halalbihalal keluarga besar Universitas Jember, kemarin.

Acara yang diselenggarakan di Gedung Soetarjo ini, bertujuan menambah harmoni dan sinergi di Kampus Tegal Boto tersebut. Kegiatan ini juga untuk melengkapi ibadah puasa di bulan Ramadan, agar ritual yang dijalankan kian paripurna. “Juga agar kita lebih produktif dengan saling berharmoni dan bersinergi demi optimalnya kinerja kelembagaan,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menambahkan, halalbihalal juga bermakna supaya umat Islam menjaga ukhuwah dengan sesama muslim. Lebih jauh dari itu dengan sesama manusia. “Nantinya menjadi semagat baru kita. Sehingga kinerja kelembagaan dapat berjalan lebih baik,” imbuhnya. (*)

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih