Prajurit Yonif Raider 514 Kostrad Bondowoso

TNI Bangun Jamban Warga Miskin

TNI PEDULI: Sejumlah prajurit TNI dari Batalyon Infanteri 514 Kostrad sedang membangun jamban sehat di salah satu rumah warga miskin di Desa Petung, Kecamatan Curahdami, Bondowoso.

BONDOWOSO RADAR JEMBER.ID – Anggota Batalyon Infanteri 514 Kostrad tidak hanya siap tempur saja. Mereka juga siap diterjunkan ke masyarakat untuk membantu warga di daerah pinggiran. Khususnya yang masih berada di bawah garis kemiskinan. Terbaru, Anggota Batalyon Infanteri 514 Kostrad di Bondowoso turun ke Dusun Taman, Desa Petung, Kecamatan Curahdami.

IKLAN

Sedikitnya delapan anggota Batalyon Infanteri 514 Kostrad dipimpin Sertu Andrianus Law melaksanakan pembuatan jamban di rumah Khuznadi. Pembuatan jamban dilakukan bersama masyarakat di Dusun Taman, Desa Petung, Kecamatan Curahdami, Kabupaten Bondowoso, awal Mei lalu.

Selain dalam rangka Program Satuan, kegiatan ini dilaksanakan juga sebagai bentuk kepedulian Yonif Raider 514 Kostrad terhadap kebersihan lingkungan masyarakat setempat. Lingkungan yang sehat dan bersih, akan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat yaitu kesehatan masyarakat. Baik rohaninya maupun fisiknya.

Sertu Andrianus Law mengatakan, kegiatan pembangunan jamban merupakan bentuk kepedulian Batalyon Raider 514 Kostrad kepada masyarakat di wilayah binaan. “Program jamban ini dapat membantu masyarakat untuk berperilaku hidup sehat dan bersih. Dengan adanya jamban sehat ini, masyarakat akan terhindar dari segala penyakit,” tuturnya.

Batalyon Infanteri Raider 514 Kostrad akan terus berupaya membantu kesulitan rakyat di sekelilingnya karena kegiatan ini merupakan salah satu bakti TNI. Sebab, TNI lahir dari rakyat dan berbuat untuk rakyat. Setelah membangun jamban, Batalyon Infanteri 514 Kostrad akan melakukan kegiatan sosial lainnya.

Program ini sesuai dengan program Pemkab Bondowoso yang sedang memprioritaskan bidang kesehatan. Khususnya menghilangkan perilaku masyarakat yang masih suka buang air besar (BAB) di sungai. Bahkan, Pemkab Bondowoso melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar program khusus. (*)

Reporter : Solikhul Huda

Fotografer : istimewa

Editor : Narto