Bakal Ramaikan Pekan Raya di Jakarta

Produk Lokal Jember Go National

GO NASIONAL: Para pelaku UMKM di Jember menunjukkan produk mereka yang bakal diikutkan di ajang Pekan Raya Jakarta, 22 Mei-30 Juni mendatang.

RADAR JEMBER.ID – Waktu dekat ini, produk lokal Jember berupa cokelat dan kopi bakal go national. Dua produk unggulan Jember tersebut bakal mengikuti pameran di ajang Pekan Raya Jakarta (PRJ). Event tahunan dalam rangka ulang tahun Jakarta ini akan berlangsung 22 Mei-30 Juni 2019, di Jakarta Internasional Expo (JIE).

IKLAN

Salah satu wakil Jember untuk produk lokal cokelat dan kopi di PRJ itu adalah Tutuk Kurnia Wahyuningtyas. Perempuan itu tercatat sebagai warga Jl Panjaitan, Lingkungan Sumber Dandang, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sumbersari.

Alumnus Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Jember tersebut harus melewati berbagai seleksi untuk bisa lolos ke Jakarta. “Dari Kabupaten Jember ada 5 orang pelaku UMKM yang memproduksi berbagai jenis produk, seperti kraft, kosmetik, kopi, dan cokelat, makaroni dan aksesoris,” jelas Tutuk, kemarin.

Tutuk mengatakan, sebelumnya UMKM itu mengikuti seleksi uji produk di Malang oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur. Mereka nantinya akan bergabung dengan utusan Provinsi Jawa Timur yang lain. Keseluruhan wakil Jawa Timur berjumlah 48 orang dari berbagai kota dan kabupaten di provinsi setempat.

Peserta dari Jawa Timur yang akan berangkat ke Jakarta, Tutuk menjelaskan, dibagi menjadi dua gelombang. Pertama tanggal 22 Mei-10 Juni. Sedangkan gelombang kedua rencananya akan berangkat ke Jakarta tanggal 11 Juni- 30 Juni.

“Bangga sekali rasanya bisa memamerkan produk lokal Jember berupa cokelat dan kopi di PRJ. Karena PRJ ini merupakan pameran besar, maka saya membawa 1000 pak cokelat dan kopi dari berbagai jenis, baik original maupun inovasi,” tukasnya.

Kendati baru memulai usaha produksi cokelat dan kopi di tahun 2018 lalu, namun Tutuk memiliki berbagai pengalaman mengikuti pelatihan barista kopi. Bahkan, ibu satu anak ini baru saja usai mengikuti pelatihan kopi akhir April 2019 selama lima hari, di sebuah hotel terkemuka di Jalan Karimata, Jember. (*)

Reporter : Winardyasto

Fotografer : winardyasto

Editor : Mahrus Sholih