Live Art Graffiti di Radar Jember

Plastik pun Bisa Jadi Media

BIAR MBOIS: Komunitas Jember Graffiti juga turut menampilkan proses membuat grafiti di kantor Jawa Pos Radar Jember.

RADAR JEMBER.ID – Puluhan anak muda dari Komunitas Jember Graffiti turut memeriahkan Jember Obral Gede (Joged) Ramadan di kantor Jawa Pos Radar Jember, kemarin sore (10/5). Sambil mengisi waktu ngabuburit, mereka menggambar langsung seni grafiti menggunakan cat semprot.

IKLAN

Mulai sekitar pukul 14.30 sampai sepuluh menit jelang waktu berbuka puasa, Rizal, salah satu kru Komunitas Jember Graffiti, bersama rekan-rekannya menggambar dan mengamati apa saja goresan yang salah atau kurang. “Untuk pengerjaannya kali ini, saya pakai enam botol kaleng cat semprot. Tulisan grafitinya bertuliskan Radar Jember,” tutur Rizal juga yang membuat konsep gambar tersebut.

Dimas, anggota lainnya, juga mengaku cukup senang dia karena diundang ke kantor Jawa Pos Radar Jember bersama kawan-kawannya. “Terima kasih untuk Jawa Pos Radar Jember, sudah memberi ruang kami berekspresi,” kata Dimas.

Dalam perform live art kali ini, Komunitas Jember Graffiti menggunakan media plastik. Sebab, bahan plastik pun bisa menjadi media mereka mengekspresikan karyanya dengan menggambar. Para anggota yang rata-rata didominasi laki-laki ini memakai cat semprot, dan langsung disemprotkan pada plastik yang sebelumnya sudah dikonsep terlebih dahulu untuk desain gambar dan pemilihan warnanya.

Dimas menjelaskan, mereka menggunakan cat semprot dengan merek khusus yang memang diperuntukkan menggambar. Jika menggunakan cat semprot pada umumnya, apabila dipakai di media plastik bisa meluber. “Jadi, ada cat semprot khusus untuk menggambar. Kami juga pakai caps, untuk besar kecil dan tebal tipisnya garis,” pungkas Dimas. (*)

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : muchammad ainul budi

Editor : Rangga Mahardika