Pastikan BBM Aman

BERHARAP STABIL: Petugas SPBU Kaliwates yang mengenakan kebaya tradisional mengisi bahan bakar Pertalite. Hiswana Migas DPC Besuki meyakinkan, pasokan BBM aman saat mudik Lebaran nanti.

RADAR JEMBER.ID – Bahan bakar minyak atau yang disebut BBM tidak hanya aman saat Ramadan. Sebab, pada saat mudik Lebaran stok BBM se-eks Karesidenan Besuki aman terkendali.

IKLAN

Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) DPC Besuki Soepratigto mengatakan, pada saat Ramadan seperti ini untuk stok atau pasokan BBM di sejumlah SPBU se-eks Karesidenan Besuki masih aman. Dia mengaku, melonjaknya permintaan BBM akan naik mendekati Lebaran hingga setelahnya. “Momen mudik dan arus balik, permintaan BBM baik bersubsidi dan nonsubsidi itu naik,” imbuhnya.

Walau naik, kata dia, masyarakat tidak usah risau, tidak perlu khawatir, dan tak usah sampai menimbun BBM. Sebab, kata dia, stok BBM sejumlah SPBU se-eks Karesidenan Besuki itu normal dan aman. Dari pengalaman selama ini, pada mudik Lebaran dan arus balik, setidaknya peningkatan permintaan BBM itu naik 8-12 persen.

Dia mengakui, pada Lebaran 2017 kemarin sempat terjadi keterlambatan pengisian BBM di sejumlah SPBU. “Dulu 2017, kendalanya adalah mobil tangki mogok,” tambahnya.

Hal semacam itulah yang juga perlu diwaspadai, agar tidak terjadi lagi. Soepratigto menuturkan, perlu kerja sama dengan Polri dan TNI untuk mengambil langkah taktis jika terjadi mobil tangki mogok, kecelakaan, atau hal yang tidak diinginkan lainnya.

Sementara untuk jalur distribusinya, tambah dia, aman dan tidak ada hambatan seperti jalan rusak. Distribusi BBM di kawasan eks Karesidenan Besuki dan Lumajang tersebut dibagi dua bagian. “SPBU Lumajang ini dikirim lewat Surabaya, sedangkan SPBU Jember, Lumajang, Banyuwangi, Bondowoso, hingga Situbondo, dikirim melalui Banyuwangi,” pungkasnya. (*)

Reporter : Dwi Siswanto

Fotografer : dwi siswanto

Editor : Hadi Sumarsono