Membiasakan Puasa Sejak Awal

SIRAMAN ROHANI: Drs Nuzulul Ulum MpdI saat memberikan tausiah seusai salat tarawih berjamaah di Musala Radar Jember

RADAR JEMBER.ID – Puasa merupakan bentuk latihan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Menjalankan ibadah puasa akan terasa ringan apabila sudah terbiasa. Untuk itulah, puasa harus dibiasakan sejak dini, bahkan untuk anak-anak. Meskipun tidak harus full sehari penuh, namun harus dilatih.

IKLAN

Hal itulah yang disampaikan Drs Nuzulul Ulum MpdI dari Universitas Islam Jember dalam tausiah seusai salat tarawih di musala Radarjember.id. Puasa akan terasa ringan bila sudah dilakukan secara rutin. “Bahkan, bagi yang menjalani pekerjaan berat, tidak akan terasa bila sudah terbiasa dengan sendirinya,” tuturnya.

Dirinya mencontohkan para tukang bangunan yang terus bekerja sambil berpuasa. Logikanya, seharusnya mereka akan lebih dahulu merasakan haus dan lapar. Pasalnya, energinya terkuras dengan pekerjaan berat yang dijalaninya di bawah terik matahari. “Namun, karena sudah terbiasa melakukan puasa, ibadahnya tetap lancar,” jelasnya.

Selain ibadah puasa wajib, puasa sunah juga perlu menjadi wadah mendekatkan diri pada Allah. “Latihan bisa dilakukan dengan puasa Senin dan Kamis. Seperti yang dilakukan oleh Rosulullah SAW,” paparnya. Puasa menjadi ibadah yang hanya diketahui oleh Allah SWT. Kejujuran benar-benar diuji. Sebab, tak ada yang tahu apakah seseorang berpuasa atau tidak, kecuali dirinya dan sang Maha Mengetahui. (*)

Reporter : Bagus Supriadi

Fotografer : bagus supriadi

Editor : Rangga Mahardika