Keliling untuk Patroli Sahur

PATROLI PATROL: Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo bersama para kepala satuan (kasat) saat melakukan patrol sembari membangunkan warga untuk sahur di wilayah hukum Polsek Sumbersari.

RADAR JEMBER.ID – Ada banyak cara untuk membangunkan warga saat memasuki waktu sahur. Bisa lewat pelantang suara di masjid, hingga musik Patrol keliling rumah warga. Seperti yang dilakukan jajaran petugas Polres Jember di wilayah Sumbersari, dini hari kemarin (10/5).

IKLAN

Dengan diiringi musik Patrol, Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo bersama jajaran kepala satuan (kasat) dan Kapolsek berkeliling wilayah hukum Polsek Sumbersari. Sambil membaca salawat, patroli sahur ini berangkat dari rumah dinas Kapolres Jember di Jalan Letjen Panjaitan menuju Jalan Letjen Suprapto, kemudian berbelok ke Perumahan Bukit Permai.

Selain membangunkan warga untuk sahur, Kusworo juga menyapa warga yang berjaga di setiap pos yang ada di perumahan. Menurutnya, kegiatan patroli sahur ini menjadi bagian dari bentuk antisipasi kriminalitas dan kejahatan. “Kami juga melibatkan teman-teman musik Patrol untuk membangunkan makan sahur,” ujar Kusworo.

Selain patroli, Kusworo juga menyerap informasi dan masukan langsung dari masyarakat perihal keamanan lingkungan. Hal ini bertujuan untuk bisa menekan angka kriminalitas. “Juga agar lebih dekat dengan masyarakat, dan insyaallah beribadah bersama dengan makan sahur bersama masyarakat,” lanjut pria tersebut.

Sartinah, salah satu warga perumahan mengaku sangat senang saat ada petugas kepolisian melakukan patrol keliling kali itu. ”Selain mengurangi angka kriminalitas, juga bisa membangunkan warga khususnya umat muslim yang sedang berpuasa,” ujarnya.

Bahkan, dirinya berharap agar patrol keliling ini tak hanya dilakukan sekali, namun secara berkala. Khususnya selama momen hari raya Idul Fitri nanti. Sebab, tak sedikit warga perumahan yang mudik ketika Lebaran. “Saya mengucapkan terima kasih kepada Kapolres bersama anak buahnya yang juga ikut keliling patrol,” tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Slamet Hariyanto, warga Perumahan Bukit Permai yang menyambut positif kegiatan tersebut. “Baru sekarang ini Pak Kapolres keliling kampung bersama anak buahnya untuk membangunkan warga yang bersiap santap sahur,” pungkasnya. (*)

Reporter : Jumai

Fotografer : jumai

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti