Dibatasi Pukul 12 Siang sampai Malam

Dilarang Berjualan di Area Dalam Alun-Alun

MENJAMUR: Kondisi PKL di sekitar Alun-Alun Lumajang yang makin menjamur sejak memasuki bulan Ramadan.

LUMAJANG RADAR JEMBER.ID – Sejak memasuki bulan Ramadan, kondisi Alun-Alun Lumajang tampil berbeda. Jika biasanya sepi, kini di kanan-kiri dipadati oleh pedagang kaki lima (PKL). Tak cuma itu, para pembeli juga ikut memadati, sehingga membuat kawasan alun-alun sejak siang hari selalu ramai.

IKLAN

Pantauan Radarjember.id, sejak awal Ramadan, PKL memang menyerbu kawasan Alun-Alun Lumajang. Bahkan merata hampir di seluruh kawasan. Hanya saja, yang diberi kelonggaran untuk jadi tempat berjualan adalah di kawasan timur, selatan dan barat. Termasuk di kawasan Jalan Abu Bakar.

Sejak beberapa hari lalu, Satpol PP memberi batasan waktu berjualan. Para PKL itu baru bisa membuka mulai jam 12.00 siang. Pengaturan ini untuk mencegah terjadinya kemacetan di kawasan alun-alun, sehingga mengganggu para pengendara yang melintas di kawasan setempat. Meski demikian, pengaturan itu dinilai malah menguntungkan pedagang.

Murniasih, salah satu pedagang, mengatakan, memang bulan Ramadan kali ini seperti menjadi berkah bagi PKL. Selain jamnya ditambah, area yang bisa dijadikan tempat berjualan juga diperlebar. “Sebelumnya di luar alun-alun. Tapi kalau Ramadan bisa di sekitaran alun-alun,” ungkap perempuan yang berjualan es campur ini.

Urusan rezeki ternyata juga tidak sedikit yang mengalir ke kantong PKL. Jika sebelumnya omzet mereka hanya ratusan ribu, selama Ramadan ini bisa tembus Rp 1 juta. “Memang untungnya begitu kalau bulan puasa. PKL banyak yang berkumpul di sini,” jelas Suliono, pedagang lainnya.

Kasatpol PP Lumajang Basuni mengatakan, para PKL memang diperbolehkan berjualan di sana. Namun, pihaknya tetap memberikan batasan. “Khusus di area dalam alun-alun tetap dilarang,” ungkapnya.

Menurut dia, yang diperbolehkan adalah di kawasan sekitarnya. Seperti di sisi timur alun-alun, Jalan Abu Bakar, Jalan Sultan Agung, dan Kawasan Timur SD Ditotrunan 1. “Tapi selama bulan Ramadan saja,” katanya.

Sementara itu, mengenai batasan waktu, kata dia, diberlakukan jam-jam khusus. Yakni mulai pukul 12 siang sampai malam hari. Itu dilakukan masa istirahatnya untuk bersih-bersih kawasan. Sebab, para PKL tetap diminta untuk menjaga kebersihan di kawasan alun-alun. (*)

Reporter : Hafid Asnan

Fotografer : hafid asnan

Editor : Mahrus Sholih