Tahanan Korupsi Ketajek Dibantarkan

WAWAN DWI/RADAR JEMBER BARU BEBERAPA HARI DITAHAN: Suparjo, Ketua Koperasi Tani Ketajek Makmur Panti yang menjadi tersangka korupsi saat ditahan Kejari beberapa waktu lalu. Saat ini dia dikabarkan menderita diabetes dan sakit paru-paru hingga harus dibantarkan di RSD dr Soebandi.

RADARJEMBER.ID- Seminggu jadi penghuni Lapas Kelas II Jember, tersangka korupsi yang kasusnya masih disidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Jember, Suparjo, harus dirawat di RSD dr. Soebandi. Ketua Koperasi Tani Ketajek Makmur Panti itu diketahui mengalami diabetes.

IKLAN

Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Jember Herdian Rahadi mengakui bahwa Suparjo harus dirujuk ke RSD dr Soebandi. “Informasi sementara, tersangka sakit diabetes dan paru-paru,” ungkapnya, Kamis (9/8) kemarin.

Meski demikian, dia mengaku masih belum bisa memastikan berapa lama Suparjo akan dibantarkan (izin pengobatan, Red). Sebab katanya, kepastian pembantaran harus tahu waktu diistirahatkan karena pengobatan. “Kami akan memantau kondisi kesehatan yang bersangkutan hingga besok (Hari ini, Red),” katanya.

Perlu diketahui, Suparjo ditahan jaksa karena diduga telah memanfaatkan koperasi yang dipimpinnya, untuk melakukan tindak pidana korupsi. Karena perbuatan tersangka, negara dalam hal ini PDP Kahyangan yang jadi aset Pemkab Jember, mengalami kerugian hingga sekitar Rp 9 miliar.

Sebelumnya, Tim Kejaksaan Negeri (Kejari) Jember, melalui Kasi Intel Agus Kurniawan, mengaku harus melakukan serangkaian pemeriksaan, hingga gelar perkara. Hasilnya, jaksa meyakini bahwa kasus yang ditangani telah memenuhi unsur dan akhirnya menetapkan Suparjo sebagai tersangka. “Kami tahan hingga 20 hari ke depan,” katanya.

Jaksa ngoyok menahan Suparjo di hari pertama berstatus tersangka, karena khawatir yang bersangkutan melarikan diri. Namun yang pasti, jaksa takut tersangka menghilangkan sejumlah bukti dan melakukan pengondisian saksi.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Jember, Ponco Hartanto menegaskan bahwa Suparjo diduga kuat telah melakukan korupsi koperasi. Sebuah korupsi yang dilakukan seseorang dengan memanfaatkan lembaga yang berbadan hukum.

Reporter : Rully Efendi
Editor : MS Rasyid
Editor Bahasa: Imron Hidayatullah.
Fotografer: Jumai, Dwi Siswanto Grafis: Reza Oky Arjiansyah, Boby Pramudya.

Reporter :

Fotografer :

Editor :