Ternyata Milik Residivis Narkoba

Mobil Bekas Tembakan yang Parkir di Jubung

JADI BARANG BUKTI: Kasus mobil yang ditinggal kabur pemilik dan ada bekas tembakan akhirnya terungkap. Sebelum diparkir, mobil ini sempat kejar-kejaran dengan polisi.

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Akhirnya, teka-teki mobil Honda Brio P 1454 KL yang ditinggal kabur pemiliknya di Perum Jubung, Kecamatan Sukorambi, terungkap. Mobil itu adalah milik residivis narkoba.

IKLAN

Pelaku kabur saat akan ditangkap karena melakukan transaksi narkotika jenis sabu, Senin (6/7) lalu. “Transaksi sabu yang dilakukan tersangka dengan sistem ranjau,” kata AKP Dika Hadiyan Widya Wiratama, Kasat Reskoba Polres Jember, saat konferensi pers di Mapolres Jember, Kamis (9/7) kemarin.

Dika mengatakan, mendengar akan ada transaksi narkoba, polisi membuntuti mobil Brio tersebut. Pemilik mobil rupanya sadar dirinya dikuntit. Dia langsung kabur dan akhirnya terjadi kejar-kejaran. “Di dalam mobil warna merah itu ada dua pelaku,” ujarnya.

Di lampu merah Dusun Kaliputih, Desa/Kecamatan Rambipuji, polisi melakukan penghadangan dan penangkapan. Namun, tersangka melakukan perlawanan dengan cara menabrak kendaraan polisi dan sebuah mobil warga. Tak hanya itu, lanjut Dika, dua anggotanya terluka dan salah satunya hingga kemarin masih dirawat di rumah sakit.

“Setelah melawan petugas, pelaku akhirnya berhasil melarikan diri dengan mobil Brio merah itu ke arah kota. Saat terus dilakukan pengejaran, pelaku membuang barang bukti sabu ke jalan,” jelasnya.

Dika mengaku sempat kesulitan karena saat itu kondisi hujan dan jalan tergenang air. “Tapi kami amankan sebuah tas berisi sabu, pipet, dan timbangan. Tas itu yang juga dibuang di jalan oleh pelaku,” ujar Dika.

Dalam pengejaran itu, polisi sempat kehilangan jejak. Namun, tak lama kemudian ada informasi bahwa mobil pelaku ditinggal di kawasan Perumahan Kodim, Desa Jubung, Kecamatan Sukorambi.

“”Menurut warga, pelaku memesan kendaraan online. Pelaku minta antar ke daerah Wirolegi. Tapi sebelum sampai di lokasi yang dimaksud, pelaku turun,” kata Dika. Keterangan warga ini sinkron dengan hasil penyelidikan yang ada dalam rekaman kamera CCTV.

Meski tak diungkap ke publik, namun polisi sudah memegang identitas pelaku. Dika hanya menegaskan bahwa pelaku merupakan residivis kasus narkoba. “”Pelaku sudah empat kali masuk penjara. Mulai 2005, 2008, 2010, dan 2018,” kata Kasat Reskoba itu.

Terkait adanya bekas lubang tembakan pada mobil pelaku, diakui oleh Dika bahwa saat itu pihaknya melepaskan tembakan. Langkah itu dilakukan agar pelaku menyerah. Namun di luar dugaan, pelaku nekat melarikan diri, hingga lolos dari kejaran petugas. Dari mobil pelaku ini, pihaknya mengamankan barang bukti sebuah HP yang diduga kuat milik pelaku.

Sebelumnya diberitakan bahwa warga yang tinggal Perumahan Kodim, Dusun Krajan, Desa Jubung, Kecamatan Sukorambi, dibuat heboh. Pasalnya, sebuah mobil Honda Brio P 1454 KL warna merah ditinggal pemiliknya di depan rumah almarhum Budiono, Gg IV / RT 4 no 113, warga setempat Senin (6/7) pukul 13.00 WIB.

Yang mengherankan, mobil dalam kondisi rusak akibat bekas tembakan. Sementara bagian bodi sebelah kiri rusak akibat serempetan dengan kendaraan lain. Sebelum meninggalkan mobil, keduanya, yang merupakan laki dan perempuan, sempat turun dan mengaku baru saja mengalami kecelakaan.

Editor: Hadi Sumarsono
Reporter: Jumai
Fotografer: Jumai