Ke Surabaya Lewat Bondowoso

Pelebaran Hanya 2 Titik, Kemacetan Tiap Akhir Pekan

SAMPAI EMOSI : Salah seorang pengemudi yang terbawa emosi karena kemacetan di Ranuyoso sampai turun ke jalan.

LUMAJANG RADARJEMBER.ID – Sekarang ini, mereka yang ingin melintas di jalur utara Lumajang melalui Klakah dan Ranuyoso sudah banyak yang berfikir ulang. Sebab, potensi kemacetan kerap bikin pengendara trauma. Tak sedikit diantaranya yang memutar haluan lewat Bondowoso.

IKLAN

Imam, seorang pengendara asal Surabaya mengaku trauma dengan kemacetan akhir pekan kemarin. Sebab, dia yang berangkat Sabtu malam harus tiba di Lumajang pada Minggu siang. Dia terjebak kemacetan lebih dari 6 jam. “Baliknya ke Surabaya saya lewat Bondowoso,” katanya saat dihubungi Radarjember.id.

Aktivitasnya yang setiap akhir pekan melintas Klakah dan Ranuyoso kali ini tak mau berspekulasi. Cara efektifnya adalah mengamati salah satu aplikasi petunjuk arah. “Lihat aplikasi dulu, kalau warnanya merah mending lewat Bondowoso. Trauma sudah,” ungkapnya.

Memang memutar, tetapi menurut dia itu lebih baik daripada terjebak macet berjam­jam.Kemacetan ini juga sempat dipantau koran ini. ternyata bukan hanya akhir pekan kemarin. kemacetan serupa meskipun tak separah akhir pekan kemarin sering kali terjadi. Utamanya akhir pekan memasuki awal pekan.

Dengan kondisi ini, pemerintah sejatinya tak tinggal diam. Sejumlah cara dilakukan. Jalur tol memang jadi  solusi terbaik. Tapi tak bisa dijadikan solusi cepat. Butuh waktu bertahun­tahun yang sejak sekarang ini digagas oleh bupati dan wabup.Langkah cepatnya adalah pelebaran jalan.

Sepanjang 2 kilometer jalan di kawasan Lumajang utara bakal dilakukan pelebaran. Dinas Perhubungan kemarin sempat dikonfirmasi. Kabarnya ada 2 titik kemacetan yang akan diperlebar menjadi 4 lajur.Nugraha Yudha, Plt Kepala Dinas Perhubungan Lumajang menjelaskan jika pihaknya sudah menempuh langkah­langkah.

“Untuk mengatasi kemacetan tersebut ada 2 titik yang akan diperlebar,” jelasnya.Kedua titik itu adalah di kilometer di kawasan utara. “Titik pertama pada kilometer 127 sampai 128. Titik satunya ada pada kilometer 131 sampai 132,” ujarnyasaat dikonfirmasi kemarin.

Reporter :

Fotografer : mg2

Editor : Hafid Asnan