Pramuka Bantu Amankan Wisata Papuma

SIAGA: Pasukan Brigade Taruna Rimba saat membantu mengamankan jalur menuju ke lokasi wisata Pantai Papuma di Kecamatan Wuluhan, Jember.

RADARJEMBER.ID- Anggota Pramuka dari Saka Wanabakti Jawa Timur dan Jember, membatu mengamankan wisata Papuma di Kecamatan Wuluhan. Bantuan pengamanan ini karena lokasi wisata pantai itu mengalami lonjakan pengunjung saat libur Lebaran. Apalagi, jalan tanjakan menuju Papuma rawan terjadi kecelakaan dan kemacetan.

IKLAN

Karena itu, untuk mencegah terjadinya kecelakaan dan antrean panjang kendaraan, pihak pengelola melibatkan anggota Pramuka yang bergerak di bidang pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup tersebut. “Kami bantu-bantu di Papuma, seperti di daerah tanjakan yang rawan kecelakaan dan macet,” papar Mugni, salah satu anggota Pramuka Saka Wanabakti Jember.

Ia menjelaskan, ikut turunnya anggota pramuka di Papuma ini sudah menjadi kegiatan rutin. Tak hanya libur Lebaran, juga di saat musim libur hari besar lainnya. Itu karena, Papuma menjadi salah satu tempat wisata yang digandrungi di Jember. “Kemaren ada 17 orang. Sebanyak 10 personel dari Brigade Taruna Rimba, Saka Wanabakti Jawa Timur dan Saka Wanabakti Jember,” jelasnya.

Mereka ikut membantu mengamankan Papuma mulai tanggal 7-12 Juni 2019. Dari 17 pasukan ada yang berasal Bojonegoro, Mojokerto, dan Banyuwangi. “Iya kami berkolaborasi dan membentuk tim pengamanan,” imbuhnya. (*)

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih