Awas, Sekarang Ngebut Bisa Ketahuan dan Langsung Ditilang

Jumai/Radar Jember
CANGGIH: Satlantas Polres Jember memantau pengendara yang ngebut dengan memakai alat Speed Gun, di Jalan Hayam Wuruk, Kaliwates, Selasa (8/5).

IKLAN

RADARJEMBER.ID: Suka ngebut di jalan? Hati-hati sekarang ngebut bisa kena tilang. Kepolisian Resort Jember kini sudah memiliki alat pendeteksi kecepatan berkendara.

Alat tersebut adalah speed gun. Alat mirip kamera foto ini fungsi utamanya untuk mengukur kecepatan kendaraan. Tinggal “menembakkan” ke arah sasaran,kecepatan kendaraan kita bisa terdeteksi.
Alat canggih itu sebenarnya sudah beberapa kali dicoba. Namun sejak Selasa (8/5), polisi mempraktikkan dan tegas memberi sanksi bagi yang suka ngebut di jalanan.
“Sebelum penindakan, kami sudah melakukan sosialisasi,” kata Kanit Turjawali Satlantas Polres Jember, Iptu Suyitno.

Selasa siang, polisi mencoba alat tersebut di Jalan Hayam Wuruk. Sesuai rambu lalu lintas, di jalan tersebut pengendara tidak diperbolehkan melintas dengan kecepatan melebihi 50 kilometer per jam. Bagi yang terpantau terlalu kencang, langsung dihadang di pos polisi terdekat.

Suyitno menjelaskan, ada dua titik pembagian petugas setiap kali operasi Speed Gun. Satu kelompok petugas yang berperan mempraktikkan Speed Gun, ada di ujung jalan. Setelah terekam ada yang melanggar, mereka melaporkan ke petugas di pos terdekat dengan HT. “Warna mobil dan plat nomornya, dilaporkan ke petugas yang ada di pos,” jelasnya.
Tak hanya mencegat mobil, motor yang dipastikan ngebut juga akan ditindak tegas. “Saya sempat geleng-geleng. Karena ada mobil yang ngebut sampai 100 kilometer per jam,” ungkapnya.
Kata Suyitno, namanya aplikasi baru, tentu ada saja masyarakat yang tidak tahu. Bahkan ada pula yang menolak ditilang. Namun polisi tidak kekurangan akal. Mereka tinggal menunjukkan hasil potret kecepatan Speed Gun. Sehingga akhirnya, pengendara menerima meski harus ditilang.

Reporter : Jumai
Editor : MS Rasyid

Reporter :

Fotografer :

Editor :