Salah Oper Persneling, Truk Sengon Terguling

TUMPAH: Truk Diesel DK 8429 GM yang mengangkut filer kayu sengon, terguling di jalan menanjak. Hingga menjelang siang ini, kendaraan tersebut masih belum dievakuasi.

RADARJEMBER.ID, JEMBER- Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Merak, Kelurahan Slawu, Kecamatan Patrang, Jumat (9/8) pagi, pukul 06.00. Truk Diesel DK 8429 GM yang mengangkut filer kayu sengon, terguling di jalan tanjakan di samping Kolam Pancing Batu Susun. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, karena dua penumpang terlebih dulu lompat keluar sebelum truk itu terguling.

IKLAN

Menurut Sucipto, sopir kendaraan itu mengatakan, saat di jalan yang menanjak terlambat dirinya mengganti gigi persneling. Karena terlambat dan salah memindah tuas, truk yang bermuatan filer bahan triplek langsung terguling ke kiri.

“Truk berhenti persis di jalan menanjak. Apalagi dari arah depan ada kendaraan, saat mau memindah dari gigi dua ke satu, malah keliru ke gigi 3,” ujar pria 45 tahun tersebut.

Akibatnya, terang warga Desa Puger Kulon, Kecamatan Puger ini menuturkan, truk yang penuh muatan filer sekitar 4,5 ton berjalan mundur dan terguling.

Kernet truk rupanya cekatan. Kala kendaraan itu mundur, dirinya langsung membuka pintu dan melompat keluar. Saat keluar pintu masih terbuka dan truk langsung terguling. Beratnya muatan membuat truk berjalan miring. “Saya sempat lepas dari tempat duduk dan setir,” ujar Sucipto yang mengalami luka lecet di kaki dan bibirnya.

Menurut salah seorang warga di lokasi insiden itu memang sering terjadi kecelakaan tunggal. “Biasanya sopir yang tidak pernah melintas di jalan merak ini,” ujar Nemo, warga yang tinggal di sekitar TKP. (*)

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Mahrus Sholih