Waspada Bencana Selama Kemarau

LATIH KEDARURATAN: Masyarakat perlu waspada terhadap segala potensi penyebab bencana, salah satunya kebakaran.

RADAR JEMBER.ID – Letak geografis Jember yang diapit dengan dataran tinggi dan pesisir pantai membuat potensi berbagai jenis bencana apa pun bisa terjadi. Untuk mengantisipasi hal tersebut, perlu ada kewaspadaan tersendiri bagi masyarakat. Pengetahuan terhadap langkah awal saat bencana inilah yang harus dipahamkan kepada masyarakat.

IKLAN

Menurut Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Asrah Joyo Widono, Jember memiliki kondisi alam yang unik. Tidak hanya memiliki kawasan pegunungan, namun juga memiliki garis pantai yang cukup panjang. “Sehingga hampir semua bencana bisa terjadi di Jember. Mulai dari gempa bumi, banjir, tanah longsor, hingga potensi tsunami,” ujarnya.

Salah satunya juga termasuk saat memasuki musim kemarau. Pihaknya meminta masyarakat untuk waspada dalam penggunaan api. Dalam hal ini dia memberi contoh wilayah yang biasa terkena dampak musim kemarau, yaitu daerah Pakusari dan Jelbuk. “Kalau di musim kemarau, bencana yang kerap terjadi adalah kebakaran dan kekeringan,” imbuhnya.

Oleh karena itu, dirinya mengajak masyarakat untuk respek terhadap kondisi lingkungan, dan waspada terhadap berbagai potensi penyebab bencana. “Selain kewaspadaan pada wilayah yang berpotensi bencana, masyarakat juga perlu waspada pada perubahan musim apa pun,” tegasnya. (*)

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Nurul Azizah

Editor : Mahrus Sholih