Kegiatan Rutin RSBS Jember

Rutin Donor Darah Menyehatkan

GERAKAN SEHAT: Salah satu warga yang melakukan donor darah di RSSB Jember. Kegiatan ini rutin dilakukan.

 RADAR JEMBER.ID – Salah satu komponen terpenting di dalam tubuh manusia yaitu darah. Menyumbangkan darah berarti menyelamatkan nyawa seseorang. Oleh karena itu, donor darah tak hanya bermanfaat bagi penerimanya, tetapi juga bagi pendonor itu sendiri.

IKLAN

Tubuh sehat tak hanya didapatkan dengan makan yang bergizi, olahraga, maupun tidur. Melainkan juga dengan donor darah. Hal itulah yang  dilakukan oleh Rumah Sakit Bina Sehat Jember (RSBS) melalui Club Donor Darah rutin.

Haris, 23, mahasiswa yang pertama kalinya ikut donor darah, mengatakan, sudah sejak lama dirinya tertarik donor darah. Namun, baru ini tekadnya semakin kuat. Apalagi, setelah mendapat informasi bahwa ada kegiatan donor darah yang diadakan di RSBS pada Kamis (4/7) lalu.

“Setelah dapat info kegiatan ini, kok penasaran. Dikasih tahu juga kalau banyak manfaat yang didapat setelah donor. Ya sudah, akhirnya saya putuskan donor darah pertama kalinya di RSBS,” jelasnya.

Hari melanjutkan, sejumlah persiapan ia lakukan agar keinginannya itu benar-benar terwujud. Mulai dari istirahat yang cukup, makan makanan yang kaya zat besi, dan mencukupi kebutuhan air putih. “Sebelumnya juga sempat tanya ke temen yang sering donor. Ternyata lancar, mulai dari tensi dan cek HB. Syukurlah memenuhi kriteria. Jadi, benar-benar bisa donor darah,” tuturnya.

Manfaat donor darah juga dirasakan oleh Dany, salah satu anggota Club Donor Darah yang juga karyawan RSBS. Dia telah rutin donor darah sejak remaja dan sudah lebih dari 20 kali donor darah. Alasannya  sederhana, karena ingin mencoba. “Sejak saat itu, kalau tidak donor darah sesuai periodenya, rasanya ada yang kurang pas. Karena memang kalau donor darah secara rutin, badan terasa lebih sehat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Instalasi Bank Darah RSBS drg Endiki Surya W. P. MMRS mengatakan, kegiatan rutin donor darah yang biasanya dilakukan tiap triwulan kini akan diadakan tiap dua bulan sekali. Hal tersebut berdasarkan koordinasi dengan UTD PMI Kabupaten Jember.

“Jadi, bagi yang ingin berdonor, bisa dipersiapkan agar bisa ikut serta dalam kurun waktu dua bulan lagi. Lokasinya biasanya digelar di Lounge Lantai 1 RSBS atau di dekat lobi,” pungkasnya. (*)

Reporter : Bagus Supriadi

Fotografer : Istimewa

Editor : Bagus Supriadi