Gerindra Juara, Kursi Serupa PKB dan PDIP, Demokrat Dapat Berkah di Perebutan DPRD Jatim 5

Tujuh Kursi Wajah Baru, Empat Kursi Wajah Lama

RADAR JEMBER.ID – KPU Kabupaten Jember dan Lumajang telah menuntaskan rekapitulasi hasil pemilihan umum tingkat Provinsi Jawa Timur, di Surabaya. Hasilnya, jatah 11 kursi untuk Dapil 5 sudah terungkap. Sebanyak tujuh kursi berhasil direbut wajah baru dan empat kursi wajah lama.

IKLAN

Data yang berhasil dihimpun wartawan Radarjember.id, perolehan suara partai politik dan calon anggota legislatif (caleg) terbanyak untuk Dapil 5 Jatim, Jember-Lumajang, dimenangkan Partai Gerindra. Akumulasi suara partai dan caleg Gerindra tembus hingga 410.198 suara.

Dengan hasil itu, Gerindra nyaris memperoleh tiga kursi di DPRD Jatim. Sayangnya, pada perebutan kursi ketiganya, jumlah suara Gerindra kalah dengan partai lain ketika dihadapkan pada sistem penghitungan sainte lague (total suara dibagi bilangan ganjil, 1, 3, 5, dan seterusnya).

Alhasil, Gerindra pun mendapat dua kursi. Calon jadi dengan perolehan suara terbanyak dari Gerindra yaitu Muhammad Fawait dan disusul oleh H. Satib.

Partai pemenang pada posisi kedua di Jember-Lumajang untuk DPRD Jatim diraih oleh PKB. Perolehan suara PKB dan caleg sebanyak 292.727 suara. Jumlah tersebut berhasil mengantarkan dua orang calon jadi, yaitu Umi Zahro dan Lailatul Qodriyah.

Pada posisi ketiga, pemenang partai yang juga mendapatkan dua kursi yakni PDIP. Jumlah suara partai dan calegnya berjumlah 287.755 suara. Dengan hasil tersebut, dua calon jadi yang akan menduduki kursi DPRD Jatim adalah Hari Putri Lestari dan Agus Wicaksono.

Selanjutnya, jatah lima kursi DPRD Jatim dari Dapil Lumajang-Jember berhasil direbut lima partai politik. Masing-masing adalah Nasdem, PKS, Golkar, dan PPP. Sementara itu, Partai Demokrat sepertinya mendapat berkah, karena menang atas Gerindra pada perebutan kursi akhir.

Dari kelima partai tersebut, akumulasi suara Partai Nasdem dan caleg di Jember-Lumajang memperoleh 170.527 suara, dengan calon jadi yakni Deni Prasetya. Untuk Partai Golkar dan calegnya berhasil mengumpulkan suara 123.679, dengan caleg jadi Karimullah Dahrujiadi. PKS memperoleh 139.608 suara dan caleg jadinya adalah Artono, dan untuk PPP mendapat 109.117 suara dengan calon jadi Rofik.

Nah, pada perebutan kursi 11 atau yang terakhir, sebenarnya Partai Gerindra nyaris menyabetnya. Akan tetapi, hasil suaranya masih kalah dengan Demokrat. Berdasar sistem penghitungan sainte lague, pada perebutan kursi terakhir, jumlah perolehan Gerindra sebanyak 410.198 harus dibagi lima dan hasilnya 82.039 suara. Jumlah tersebut kalah dengan perolehan suara Demokrat, yaitu 85.674 suara.

Dengan begitu, kursi ke-11 berhasil direbut Demokrat dengan calon jadi yaitu Muhammad Reno Zulkarnaen. Sementara itu, sebanyak delapan partai lain, sama sekali tak mendapatkan jatah kursi di DPRD Jatim dari Jember-Lumajang. Masing-masing partai tersebut yaitu PAN dengan perolehan 47.716 suara, Perindo dengan 47.660 suara, Berkarya 30.856 suara, Hanura 21.544 suara dan PSI 20.970 suara.

Sedangkan tiga partai lain hasil suaranya hanya ribuan saja di Jember-Lumajang. Yakni adalah Partai Garuda dengan perolehan 6.795 suara, PBB 6.248 suara, serta PKPI yang memperoleh 1.775 suara di Jember dan Lumajang.

Komisioner KPU Jember Ahmad Hanafi menyebutkan, KPU Jember telah menyelesaikan rekapitulasi di tingkat provinsi, Selasa (7/5) malam. Menurutnya, hasil suara yang dibacakan untuk partai dan caleg DPRD Jatim dari Jember tak ada persoalan. Begitu pula dengan Lumajang yang sudah selesai lebih dulu.

“Jember baru tadi malam membacakan rekapitulasi. Dari rapat pleno di tingkat KPU provinsi, tidak ada perubahan dan sesuai dengan hasil rapat pleno di Jember,” paparnya.

Meski hasil suara dan calonnya sudah bisa diketahui, menurutnya masih perlu penetapan dan KPU juga menunggu apabila ada PHPU atau yang lainnya. “Penetapan seluruhnya menunggu rekapitulasi tingkat nasional selesai. Untuk perubahan data, sejauh ini tidak ada,” pungkas Hanafi. (*)

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : nur hariri

Editor : Hadi Sumarsono