Penyebab Kematian Pasangan Suami Istri yang Tewas di Lapas Lumajang Pakai Sianida

HAFID/RADAR SEMERU DIBAWA MOBIL AMBULANS: Mayat Rasit dan Fatimah, penghuni lapas kelas II-B Lumajang saat dibawa ke rumah sakit untuk diotopsi.

RADARJEMBER.ID –  Teka-teki penyebab kematian pasangan suami istri (pasutri) Rasit, 30, dan Fatimah, 18, di lapas kelas II B Lumajang Jumat (30/8) mulai terkuak. Diduga kuat keduanya tewas oleh racun sianida. Itu diketahui setelah Polres Lumajang mendapatkan hasil laboratorium forensik (labfor) Polda Jawa Timur (Jatim).

IKLAN

Dalam hasil Labfor Polda Jatim diketahui minuman yang ditenggak pasuri Rasit dan Fatimah mengandung racun sianida. Informasi itu disampaikan langsung Kasat Reskrim Polres Lumajang, AKP Hasran. AKP Hasran mengaku belum lama ini menerima hasil laporan tersebut dari Labfor Polda Jatim di Surabaya.

Sekarang yang jadi pertanyaan, bagaimana bisa racun sianida menyusup ke dalam lapas? Penelurusan tentang asal-usul sianida dalam lapas itulah, kata Hasran, yang menjadi fokus utama penyelidikan Satreskrim Polres Lumajang saat ini. “Mudah-mudahan target ini bisa segera kami buka ke semua masyarakat,” ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, botol air mineral yang ternyata berisi sianida itu dibawa Rasit dari dalam lapas. Tidak lama sebelum dia tewas. Botol berisi cairan keruh yang sedikit berbusa dia tenteng menuju ruang kunjung lapas saat petugas lapas memanggilnya agar bergegas menemui istri dan ibu kandungnya yang sudah menunggu.

Setelah ketiganya bertemu, Rasit meminta dua gelas plastik ke kantin lapas. Kemudian, ketiganya duduk di karpet dalam ruang tunggu tersebut.  Rasit menuang isi dalam botol yang dibawanya dari dalam lapas itu ke dua gelas plastik yang baru saja dia dapat. Satu untuk dirinya, satu lagi diberikannya kepada istrinya, Fatimah, 18.

Rasit dan Fatimah meminumnya bersamaan, dalam posisi keduanya saling berpelukan. Hal itu mereka lakukan di antara pengunjung dan tahanan lain di ruangan yang sama. Tidak lama kemudian, Rasit dan Fatimah roboh dengan napas tersengal, lantas tewas di tempat.

Infromasi dari Satrekrim Polres Lumajang, Rasit, warga Dusun Pancen Rejo, Desa Pandansari, Kecamatan Senduro, berstatus tahanan titipan penyidik Polres Lumajang. Berkas perkaranya masih dalam proses penelitian Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Lumajang. Dia terjerat kasus pidana penipuan dan penggelapan.

Reporter : Khawas Auskarni Muhyidin
Editor : Narto
Editor Bahasa: Imron Hidayatullah
Fotografer: Hafid Asnan

Reporter :

Fotografer :

Editor :