Truk Tebu Terguling, Gumitir Macet Total

TUTUPI JALAN: Sebuah truk pengangkut tebu yang terguling di jalur Gumitir membuat badan jalan tertutup. Akibatnya, jalur yang menghubungkan Jember-Banyuwangi tersebut macet total.

RADARJEMBER.ID, JEMBER- Pengguna jalan khususnya pengendara roda empat, truk dan bus terjebak di jalur Gumitir. Ini karena sebuah truk gandeng P 8694 UM yang disopiri Fujiono, 40, terguling di KM 35, Dusun Gumitir, Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Minggu (7/7) pukul 21.30.

IKLAN

Bahkan, kemacetan terjadi di dua arah. Jember dan dari arah Banyuwangi. Kemecetan semakin panjang karena banyak sopir yang saling serobot agar bisa sampai. Truk gandeng pengangkut tebu seberat 25 ton tersebut diangkut dari Glenmore, Banyuwangi.

Menurut Fujiono, awalnya sejak dari Glenmore truk yang mengangut tebu tidak ada masalah dengan gigi persneling. Namun sebelum di lokasi kecelakaan, persisnya di jalan yang menurun, dirinya menggunakan gigi persneling dua. Tepat jalan menurun dan menikung, dirinya berusaha memindah ke gigi satu.

Rupanya peralihan gigi itu tak berjalan mulus. Saat memaksa memindah gigi itu, gagang persneling tiba-tiba lepas. Akibatnya truk gandeng bermuatan tersebut berjalan semakin tak terarah. “Saya waktu itu panik karena di depan banyak kendaraaan besar yang naik. Selanjutnya saya ngasih kode dengan menyalakan lampu jauh,” ujarnya.

Karena muatan berat, truk semakin kencang dan berjalan oleng. Saat itu juga sopir membanting setir ke kanan sehingga menabrak tebing di sisi kanan jalan yang menikung. Bahkan, roda depan sebelah kanan juga naik ke tebing tersebut.

Kecelakaan ini menhambat laju kendaraan dari dua arah. Kemacetan semakin parah karena muatan tebu tumpah ke jalan, dan badan truk menutupi separuh jalan. Sementara antrean bus dari dua arah juga banyak. “Sehingga para sopir bus dan truk besar itu ikut gotong-royonh membersihkan tebu yang menutupi jalan,” ujar Bripka Dwi Cahyo Utomo, anggota Polsek Silo.

Baru setelah tebu yang ada di tengah jalan bersih, kendaraan kecil bisa lewat mengunakan sistem buka tutup. Sedangkan bus dan kendaraan besar lainnya bisa lewat setelah tebu yang menutup jalan dibersihkan. Itupun para sopir harus ekstra hati-hati, karena jalan di sisi sebelahnya berdekatan dengan jurang. (*)

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Mahrus Sholih