Curi Kambing, Residivis Kembali Dibui

BARANG BUKTI: Polisi menyita motor yang digunakan pelaku menjalankan aksinya. Selain motor, polisi juga mengamankan dua pelaku, serta kambing sebagai barang bukti.

RADARJEMBER.ID, JEMBER- Unit Reskrim Polsek Ambulu meringkus dua orang yang diduga sebagai pencuri kambing. Keduanya Slamet Riyadi, 46, dan Agus Riadi, 49. Mereka warga Dusun Krajan, Desa Sabrang, Kecamatan Ambulu. Para pelaku ditangkap di lokasi yang berbeda namun pada hari yang sama.

IKLAN

Selain mengamankan kedua pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti berupa seekor kambing dan satu unit motor sebagai sarana. Setelah ditangkap, petugas membawanya ke Mapolsek Ambulu untuk menjalani pemeriksaan. Keduanya dijebloskan ke dalam sel tahanan setelah statusnya resmi menjadi tersangka.

Informasi di lapangan, pelaku mencuri kambing milik Sukirno, 52, warga Dusun Jatirejo, Desa Sabrang, Ambulu. Kasus itu terungkap saat dua orang warga yakni Adi Purnomo dan Febri, melakukan ronda malam. Saat itu, keduanya melihat orang mengendarai motor membawa seekor kambing yang diletakkan di atas tangki depan.

Karena curiga, Adi dan Febri melakukan pengejaran. Tiba di samping sungai irigasi di Dusun Krajan, Desa Sabrang, pelaku terkejar dua orang yang ronda malam. Namun, Adi dan Febri saat itu tidak melakukan penangkapan. Keduanya hanya menghafal wajah kedua pelaku saja. Sementara pelaku yang panik, langsung meninggalkan kambing curian yang terlanjur dibuang di saluran irigasi.

Selanjutnya, Adi dan Febri mengabarkan kejadian itu kepada warga yang lain. Kemudian, mereka kembali menuju saluran irigasi dan di sana sudah banyak warga berkerumun melihat kambing curian yang ditinggal pelaku. Tak lama berselang, Sukirno (korban, Red) datang dan memastikan bahwa kambing itu adalah miliknya yang hilang dari kandang.

Setelah itu, Sukirno menuju Polsek Ambulu untuk melaporkan peristiwa yang dialaminya. Berbekal keterangan saksi yang melihat ciri-ciri pelaku, akhirnya kedua tersangka ditangkap.

Kapolsek Ambulu AKP Sugeng Piyanto, membenarkan penangkapan itu. Menurutnya, salah satu tersangka yakni Slamet Riyadi, merupakan residivis yang pernah dipenjara pada 2010 lalu karena kasus pencurian. “Untuk kasusnya masih terus kita kembangkan. Karena ada indikasi tersangka ini pernah beraksi di TKP yang lain,” pungkas Sugeng. (*)

Reporter : Jumai

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih