Arif Wibowo Jabat Ketum PDIP Jember

KETUM BARU: Arif Wibowo, ketua PDIP Jember, diberi selamat oleh mantan Wakil Gubernur Jakarta Djarot Saiful Hidayat di arena Konfercab

RADAR JEMBER.ID – Arif Wibowo secara resmi didapuk menjadi ketua umum Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Jember masa bakti 2019-2024). Anggota DPR RI dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini ditugaskan langsung oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dalam Konferensi Cabang (Konfercab) di Malang, kemarin (7/7).

IKLAN

Konfercab yang digelar selama dua hari 6-7 Juli tersebut tidak seperti Konfercab biasanya. Tidak ada bursa pencalonan, pemilihan ketua umum, bahkan  juga tidak aklamasi. “Ketuanya Arif Wibowo, tidak ada pemilihan atau aklamasi. Karena Arif ditugaskan melalui DPP PDI P untuk menjabat sebagai Ketua Umum PDIP Jember,” kata Tabroni, Ketua Umum PDI P Jember masa bakti 2014-2019 tersebut. 

Mantan Ketua DPC PDIP Jember Tabroni mengaku tak masalah dalam Konfercab tersebut langsung menunjuk Arif Wibowo sebagai ketua umum. Sebab, apa yang menjadi keputusan DPP adalah keputusan bersama. Konfercab tersebut  dilaksanakan serentak di tiga kota di Jawa Timur. Yaitu Malang, Surabaya, dan Madiun.

Arif Wibowo merupakan anggota DPR RI dua periode di Dapil IV Jember-Lumajang. Dia cukup akrab dengan Jember karena pernah menempuh pendidikan strata I di Fakultas Hukum Universitas Jember (Unej). Pria kelahiran Madiun, 1968 itu menata karir politiknya dari Jember, dengan bergabung menjadi anggota Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) tahun 1987. Bahkan, 1992 Arif menjabat Ketum GMNI Jember.

Sepak terjang Arif di GMNI terus berlanjut sampai menjadi ketua Presidium GMNI tingkat nasional. Dia merupakan ketua presidium keempat yang berasal dari GMNI Jember. Dia bergabung di PDIP karena ada kenyamanan di partai pimpinan Megawati Soekarnoputeri tersebut. Sejak tahun 2011, Arif ditunjuk sebagai ketua badan pemenangan PDIP di Pemilu 2014 secara nasional. (*)

Reporter : Dwi Siswanto

Fotografer : Dwi Siswanto

Editor : Bagus Supriadi