Pemudik Borong Ikan Segar

TETAP BERJUALAN: Walaupun stok ikan di TPI Puger sedikit, namun pedagang ikan tetap memilih berjualan. Karena di libur Lebaran banyak pengunjung yang membeli ikan segar.

RADARJEMBER.ID- Hari keempat lebaran, Sabtu (8/6), suasana Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Desa Puger Kulon, Kecamatan Puger, dipadati pengunjung. Sejak pagi, para pelancong baik dari dalam maupun luar kabupaten, terus mendatangi pasar ikan terbesar di Jember tersebut.

IKLAN

Selain berbelanja ikan, mereka juga bisa menikmati keindahan Pantai Kucur menggunakan jukung sewaan.

Salah seorang pedagang ikan segar, Sutini, warga Dusun Penitik, Desa Wonosari, Kecamatan Puger, membenarkan ramainya situasi di TPI. Menurut dia, situasinya sama seperti tahun lalu.

“Mulai Lebaran hari pertama TPI penuh sesak dan banyak yang membeli ikan. Mereka itu kebanyakan orang perantauan asal Kabupaten Jember. Mereka sedang mudik lebaran,” jelasnya.

Meskipun lebaran kali ini harga ikan tidak bersahabat alias tinggi, Sutini menuturkan, namun tak menyurutkan keinginan pemudik untuk membeli ikan tangkapan nelayan Puger.

Suparni, salah seorang pedagang ikan yang lain mengutarakan hal serupa. Kata dia, naiknya harga ikan di saat Lebaran dikarenakan minimnya stok ikan. Dia mencontohkan, udang 1 Kg harganya Rp 70 ribu, biasanya cuma Rp 65 ribu. Cumi-cumi di hari biasa Rp 45 ribu, saat ini Rp 65 ribu.

“Stok ikan sedikit, karena selain bukan musim ikan juga dikarenakan banyak nelayan yang enggan melaut. Sebab mereka masih merayakan Lebaran bersama keluarga,” paparnya. Namun demikian, Sutini dan Suparni tetap bisa menikmati keuntungan dari menjual ikan segar ini. Karena banyaknya pengunjung yang membeli ikan di lapak mereka. (*)

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Mahrus Sholih