Empat Posko PMI Terus Beroperasi Selama Lebaran

BERTUGAS: Petugas UDD PMI Cabang Jember menyimpan darah, dan stoknya aman selama libur Lebaran.

RADARJEMBER.ID – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Jember terus bekerja ekstra selama libur Raya Idul Fitri 1440 Hijriah. Hal itu terlihat dengan adanya layanan donor darah yang tetap dibuka sejak hari pertama Lebaran hingga kemarin (7/6).

IKLAN

Menurut Ketua PMI Cabang Jember H E.A. Zaenal Marzuki SH MH melalui Humas PMI Jember Gufron Efian Efendi, pembukaan layanan donor darah tetap dilakukan selama libur Lebaran tidak lain untuk membantu warga yang membutuhkan.

“Petugas yang piket selama Lebaran bukan hanya menerima permintaan darah saja. Akan tetapi, juga tetap membuka layanan donor darah dari warga atau relawan,” kata Gufron saat ditemui wartawan Jawa Pos Radar Jember.

Menurutnya, stok darah selama libur hari raya ini masih aman. Itu karena ada sebanyak seribu kantong darah yang siap pakai atau siap dikirim saat ada yang membutuhkan. “Kalau stok darah untuk hari raya ini aman. Tetapi layanan donor darah harus tetap dibuka,” ucapnya.

Gufron menguraikan, pembukaan layanan donor darah tetap dilakukan PMI Jember bukan tanpa alasan. Akan tetapi, itu dilakukan untuk menjaga kemungkinan kekurangan stok darah di kemudian hari. “Kalau selama hari raya tidak menerima donor darah, dikhawatirkan setelah Lebaran akan kekurangan stok darah. Makanya, sejak awal Lebaran kami tetap bekerja sesuai shift yang telah ditentukan,” ungkapnya.

Sementara itu, PMI Jember yang membuka empat posko selama arus mudik dan balik Lebaran hingga kini masih terus berlangsung. Empat posko tersebut yaitu ada di Gumitir, di markas PMI, di Klinik Pratama, serta di Gedung Unit Donor Darah (UDD) PMI Jember.
Empat posko demi mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran itu nantinya akan ditutup pada 12 Juni 2019. “Setelah libur Lebaran selesai, maka PMI akan bekerja seperti biasanya. Kami tetap bertekad untuk bekerja keras demi misi kemanusiaan,” pungkas Gufron.

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Dwi Siswanto

Editor : Shodiq Syarif