IB Puja, Pelukis Asal Jember

Berencana Gelar Pameran Lukisan Tunggal di Eropa

BERANGKAT KE EROPA: IB Puja dan salah satu lukisannya yang akan dipamerkan di Belanda. Dia merupakan pelukis asal Jember yang mampu go internasional.

RADARJEMBER.ID- Kabar menggembirakan datang dari dunia lukis. Seniman asal Kabupaten Jember, IB Puja, berencana melakukan pameran tunggal pada Agustus 2019. Dia bakal menggelar pameran tunggal di Belanda.

IKLAN

Pameran lukisan di Belanda tersebut, merupakan kali kedua bagi IB Puja. Sebelumnya, pelukis asal Desa Jenggawah, Kecamatan Jenggawah itu, menggelar pameran tunggal hasil karyanya tahun 2005 lalu.

“Empat belas tahun lalu saya terakhir kali mengadakan pameran tunggal di Belanda. Ada semacam kerinduan untuk pameran di Negara Kincir Angin. Apalagi, orang luar negeri sangat menghargai karya lukisan. Ini merupakan salah satu sebab kenapa saya mengadakan pameran lukisan tunggal di negara lain,” ungkap Puja.

Dalam pameran tunggal tersebut, IB Puja bakal memajang 25 lukisan hasil karyanya. Di Belanda, pelukis yang juga hobi menyanyi dan menciptakan lagu itu, akan tinggal selama satu minggu di negara Eropa tersebut.

“Selama ini Belanda dikenal banyak melahirkan maestro pelukis dunia. Seperti Van Gogh, Rembrant dan Hofker. Lukisan mereka sangat mendunia sekali,” imbuh Puja.

Puja sendiri mengakui, telah menyiapkan pameran tunggalnya sejak lama. Meski ada saja hambatannya. Namun hal itu tak membuat dirinya patah semangat.

Bahkan Puja berharap, kepergiannya ke Belanda itu bisa menambah jam terbang aktivitas pameran lukisannya. Hingga saat ini, IB puja total telah melakukan pameran sebanyak 59 kali. Baik pameran bersama ataupun pameran tunggal.

“Dengan pameran tunggal di Belanda, saya telah mengikuti 60 kali pameran. Tugas seorang pelukis adalah berkarya dan memberikan yang terbaik buat khalayak. Terlepas karya itu bagus atau tidak,” pungkasnya. (*)

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih