Banyak Rambu Lalu Lintas Kurang Jelas

KURANG JELAS: Kondisi rambu imbauan jalan di depan ada tikungan yang dipasang oleh Dishub Provinsi dibiarkan rusak, sehingga pengendara tidak jelas.

RADARJEMBER.ID – Rambu yang dipasang oleh Dinas Perhubungan Provinsi yang ada di jalan Gunung Gumitir sudah kurang jelas dilihat. Akibatnya, pengguna jalan, khususnya pengendara roda empat dan roda dua, tidak bisa melihat secara jelas. Sebab, rambu yang berwarna kuning dengan tulisan hitam itu sudah tidak jelas gambarnya.

IKLAN

Bahkan, banyak beberapa rambu yang sudah tidak jelas tulisannya masih disemprot dengan cat oleh orang-orang yang jahil. Seharusnya rambu yang ada di jalur Gumitir itu tulisannya harus jelas. “Karena sejalan jalan banyak tikungan juga naik turun,” ujar Hari, 40, warga Desa Sempolan, Kecamatan Silo.

Apalagi di jalur Gumitir itu sering memakan korban jiwa, karena sering terjadi kecelakaan. Biasanya kendaraan roda empat yang banyak mengalami kecelakaan. Di antaranya tidak tahu medan dan belum pernah lewat jalur Gumitir.

Selain itu, banyak rambu yang hilang. Selain tertabrak kendaraan, juga sering dicuri. Padahal, keberadaan rambu itu juga penting, utamanya rambu imbauan untuk pelan, karena di depan ada jalan yang menikung. “Ini penting karena banyak juga pengguna jalan yang belum pernah melintas di jalur Gumitir yang rawan kecelakaan dan rawan longsor tersebut,” ujar Hari.

AKP Hari Wahyono, Kapolsek Silo, kepada Jawa Pos Radar Jember mengatakan, ketika melintas di jalur Gumitir, hendaknya pengendara lebih berhati-hati. Utamanya pengendara motor dan mobil yang belum pernah melintas di jalur tersebut. Sebab, selain rawan kecelakaan, juga rawan terjadinya longsor dan macet akibat kecelakaan di Gumitir.

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Shodiq Syarif