Perolehan Suara Partai Hasil Rekapitulasi Caleg Provinsi

PKB Juara, PDIP Runnerup

BONDOWOSO RADAR JEMBER.ID – Tahapan Pemilu 2019 sampai pada rekapitulasi provinsi. Hal ini setelah KPU Bondowoso melakukan rekapitulasi tingkat kabupaten. Saat ini, seluruh komisioner KPU Bondowoso ke tingkat Jawa Timur. Mereka mengikuti rekapitulasi tingkat kabupaten di Surabaya.

IKLAN

Divisi SDM Lilik Ernawati mengatakan, di tataran provinsi, komisioner membawa berkas dan dilakukan rekapitulasi tingkat provinsi. Beberapa data yang dibawa adalah data perolehan DPRD Jatim, DPR RI, DPD, dan presiden bersama wakil presiden. “Kami berada di Jawa Timur untuk rekapitulasi provinsi,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Moh Makhsun mengatakan, pihak Bawaslu kabupaten diundang dalam kegiatan itu. Sebab, yang mengawasi dan mengawal data dari bawah adalah Bawaslu. Selain itu, ada peserta pemilu yang juga melakukan pengawalan. “Pengawalan itu berjenjang, kami di provinsi juga melakukan pengawalan,” jelasnya.

Selama proses pemilu serentak 2019, di Bondowoso tidak ada permasalahan yang signifikan. Beberapa laporan diterima Bawaslu Bondowoso. Semuanya sudah ditindaklanjuti dan sudah selesai. Tugas selanjutnya adalah melakukan pengawalan penghitungan sampai tingkat provinsi. “Kami membawa data-data, kami mengawal proses penghitungan ini untuk pemilu yang berintegritas,” tegasnya.

Penelusuran Radarjember.id, khusus untuk perolehan DPRD Jawa Timur tertinggi adalah PKB. Partai ini memperoleh suara total 133.361. Disusul perolehan peringkat kedua diperoleh PDI-P dengan perolehan 49.566. Peringkat tiga diduduki Gerindra dengan perolehan 46.169. Namun, untuk menentukan kursi, perolehan Bondowoso harus digabung dengan Situbondo dan Banyuwangi yang menjadi satu daerah pemilihan (dapil). (*)

Reporter : Solikhul Huda

Fotografer : solikhul huda

Editor : Narto