Cara Polres Lumajang Kampanyekan Keselamatan di Jalan

Bagikan Helm Gratis dan Takjil

KLIK: Kapolres Lumajang AKBP Muhammad Arsal Sahban memasangkan helm kepada salah seorang pengendara yang melintas di depan mapolres setempat. Aksi bagi-bagi helm gratis ini merupakan bentuk kampanye peningkatan kualitas keselamatan di jalan.

LUMAJANG RADAR JEMBER.ID – Membagikan takjil selama Ramadan sudah menjadi hal biasa bagi sebagian masyarakat. Aktivitas sosial itu sering dijumpai di masjid atau saat dalam perjalanan. Ini untuk membangun kebersamaan dan mempererat ukhuwah selama bulan puasa.

IKLAN

Namun, yang dilakukan oleh Polres Lumajang, kemarin (7/5), berbeda. Bukan hanya takjil yang dibagikan ke para pengendara, tapi juga membagikan helm. Alat pelindung kepala itu diberikan kepada para pengguna jalan yang kedapatan tak menggunakan helm saat melintas di depan mapolres setempat.

Aksi ini sebagai bentuk kampanye untuk meningkatkan kualitas keselamatan di jalan. Bahkan, Kapolres Lumajang AKBP Muhammad Arsal Sahban turut membagikan langsung puluhan helm tersebut. Aksi itu dilakukan seusai Kapolres membagikan takjil ke pengendara.

Menurut Kapolres, pembagian helm ini merupakan bagian dari operasi keselamatan yang dilakukan secara simbolis. Selain itu, pihaknya juga mengimbau para pengguna jalan agar mematuhi peraturan berlalu lintas. Salah satunya adalah menggunakan helm sebagai standar keamanan berkendara.

Melalui operasi keselamatan, kepolisian juga memberi imbauan yang bersifat preventif. Aparat mengingatkan betapa pentingnya menggunakan helm saat berkendara. Sebab, masyarakat dinilai kerap menyepelekan penggunaan helm. “Untuk itu, kami membagikan helm gratis kepada pengendara yang kedapatan tidak memakai helm,” ujar Kapolres.

Dalam operasi jelang buka puasa itu, polisi tak menerapkan sanksi tilang bagi pengendara yang melanggar. Sebab, operasi keselamatan itu bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, khususnya para pengguna jalan agar mengerti dan memiliki kesadaran pentingnya menjaga keselamatan diri. “Tujuannya agar masyarakat tergugah dan peduli terhadap keselamatan masing-masing,” imbuhnya.

Hal senada diutarakan Kasat Lantas Polres Lumajang AKP I Gede Putu Atma Giri. Menurutnya, sudah saatnya masyarakat menyadari pentingnya penggunaan helm bagi keselamatan diri. Ini mengingat banyaknya nyawa yang terenggut di jalan. Salah satunya disebabkan minimnya kesadaran menggunakan helm saat berkendara.

“Semoga pemberian takjil dan pembagian helm ini bisa memberikan dampak positif. Sehingga masyarakat semakin sadar bahwa pemakaian helm saat berkendara membantu menjaga keselamatan. Semoga imbauan ini diindahkan demi mengantisipasi dan mencegah terenggutnya nyawa di jalan raya,” tandasnya. (*)

Reporter : Ahmad Jafin

Fotografer :

Editor : Mahrus Sholih