Physical Distancing, Merapat tapi Berjauhan

Ekonomi Jember Ditarget Terus Naik

JAGA JARAK: Musrenbang digelar di Pendapa Wahyawibawagraha, kemarin (7/4).

JEMBER, RADARJEMBER.ID – Sejumlah pejabat menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Jember tahun 2021 mendatang. Meski judulnya rapat, namun di tengah pandemi korona saat ini, mereka pun terpaksa duduk berjauhan dan menerapkan physical distancing sesuai dengan arahan WHO. Selain itu, seluruh peserta rapat juga wajib mengenakan masker sesuai imbauan Presiden RI.

IKLAN

Rapat yang digelar secara live streaming di Pendapa Wahyawibawagraha, kemarin (7/4), menargetkan pembangunan ekonomi agar terus tumbuh. Bupati Jember dr Faida MMR menjelaskan, pertumbuhan ekonomi tahun 2019 lalu telah melampaui pertumbuhan ekonomi nasional. “Kita pada 5,54 persen,” katanya.

Angka ini, lanjut dia, meningkat dibandingkan 2018 lalu. Menurutnya, kenaikan itu menjadi dasar penargetan ekonomi Jember ke depan. “Pertumbuhan ekonomi tahun 2019 meningkat menjadi 5,31 persen dibanding tahun 2018 sebesar 5,23 persen,” jelasnya.

Ada beberapa hal yang mendasari pertumbuhan ekonomi tersebut. Salah satunya produktivitas masyarakat. “Pertumbuhan tersebut didorong oleh sektor pengolahan, perdagangan besar dan eceran seperti reparasi mobil, motor, dan sektor konstruksi,” paparnya.

Sementara, dalam Musrenbang 2020 ini pemerintah sudah merencanakan pertumbuhan ekonomi yakni 5,58 persen. Nah, di tahun 2021 mendatang, pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi yaitu sebesar 5,62 persen.

Rapat Musrenbang itu dihadiri sejumlah pejabat termasuk Wakil Bupati KH Abd Muqit Arief dan Ketua DPRD Jember M Itqon Syauqi. Beberapa pejabat juga tampak hadir dan seluruhnya ikut menerapkan physical distancing demi mencegah wabah korona.

Live streaming via Facebook yang disiarkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Jember tersebut menjadi yang kesekian kalinya dilakukan. Pada kesempatan itu Faida juga berpesan agar semua pegawai dan warga Jember tetap mengikuti prosedur standar penanganan Covid-19. Di antaranya tetap menjaga kesehatan dan menerapkan physical distancing sampai wabah korona dinyatakan aman.

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Istimewa

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti