Nisma Jadi Bagian Timnas Sepak Bola Wanita

AKHIRNYA MASUK TIMNAS: Satu-satunya pesepak bola wanita asli Jember, Nisma Francida, kini resmi masuk dalam Garuda Pertiwi yang akan berlaga di Piala AFF Women Championship 2019 di Thailand.

RADAR JEMBER.ID – Nama Nisma Francida Rusdiana membuat bangga dunia sepak bola wanita Jember. Meski  perkembangan sepak bola wanita Jember masih kembang kempis, Nisma membuktikan bahwa pesepak ia bisa menembus skuad Garuda Pertiwi.

IKLAN

Perempuan berusia 21 tahun asal Desa Semboro, Kecamatan Semboro ini, resmi menjadi bagian dari Timnas Wanita. Dia bakal berlaga dalam Piala AFF Women Championship 2019 di Thailand, 16 Agustus mendatang.

Tim asuhan pelatih kepala Rully Nere itu sudah terbang ke Chonburi, Thailand, berangkat dari Jakarta, (6/8) kemarin. Kedatangannya itu guna melakukan pemantapan persiapan di Thailand. Nisma berhasil lolos mulai dari tahap seleksi pertama hingga akhir. Sampai pada 22 pemain untuk Piala AFF tersebut.

Seleksi terakhir di Cibinong, Bogor, ada 25 pemain. Rully Nere mencoret tiga pemain. Sesuai regulasi Piala AFF Wanita tahun ini, kuota pemain hanya 22 saja. “Alhamdulilah, pertama kali seleksi di timnas sepak bola putri. Pertama kali juga bisa tembus untuk Piala AFF,” ucap perempuan yang berposisi sebagai gelandang ini.

Meski baru pertama seleksi dan langsung berhasil menembus skuad Garuda Pertiwi. Nisma tak ingin jemawa. Dia harus kembali fokus untuk persiapan turnamen bergengsi tersebut.

Sebab, dalam tahap seleksi, Nisma harus bersaing dengan nama-nama eks Timnas wanita tahun lalu yang kembali terpanggil. Seperti Safira Ika Putri Kartini, Jesella Arifya Sari, maupun Ade Mustikiana Oktafiani.

Tahun lalu, Nisma hampir masuk skuad timnas futsal putri. Sayangnya, di detik-detik terakhir, namanya tak ikut di timnas futsal asuhan pelatih asal Jepang, Kensuke Takahashi. Tahun 2018 lalu, Nisma bergabung bersama Kebumen United Angels yang bermain di Women Profesional Futsal League (WPFL). Dia mengantarkan klubnya itu menjadi jawara.

Catatan apiknya juga bermain sebagai pivot Nisma menorehkan 24 gol. Dia menjadi pencetak gol terbanyak kedua di kompetisi futsal wanita level 1 tersebut. Hanya terpaut satu gol dari sang pemegang top skor.

Nisma juga mendapat gelar Rising Star of the Year putri terbaik, dari salah satu media futsal ternama nasional. Tak jarang, predikat Man of the Match (MOTM) disematkan padanya di setiap laga. Itu berkat penampilan apik dan sumbangan golnya.

Selain prestasi di dunia futsal, pemain bernomor punggung 14 ini juga membawa tim yang dibelanya, yakni Sumatera Selatan, menjadi kampiun di Piala Pertiwi 2018. Hampir di setiap laga menjadi pemain inti, Nisma mencatatkan empat gol dalam Piala Pertiwi kali ini.

Nisma juga pernah bergabung bersama klub Persida Sidoarjo putri dalam beberapa kejuaraan. Kedua orang tuanya pun mendukung penuh karir Nisma di dunia kulit bundar. Meskipun dirinya seorang wanita. Buadi Ucok, ayah Nisma, juga menjadi pelatih klub Bina Bola Semboro. “Alhamdulilah, orang tua sangat mendukung. Bahkan, awal saya ikut sepak bola memang disuruh orang tua. Kebetulan ayah juga pelatih klub internal di Semboro,” tandasnya. (*)

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Muchammad Ainul Budi

Editor : Bagus Supriadi