Tiga Gudang Isi Tembakau Ludes Terbakar

PADAMKAN API: Tiga mobil Damkar Pemkab Jember saat memadamkan api yang melalap empat gudang milik PTPN X Kebun Kertosari

RADARJEMBER.ID- Empat gudang pengeringan tembakau milik PTPN X Kebun Kertosari di Dusun Krajan, Desa Pecoro, Kecamatan Rambipuji ludes terbakar Selasa (7/8) pukul 04.00 WIB. Tiga dari empat gudang yang terbakar penuh dengan isi tembakau basah, sedangkan 1 gudang dalam kondisi kosong.

IKLAN

Gudang terbakar dari gudang tengah yang isi tembakau masih basah. Selanjutnya api terus membesar dan merembet ke gudang sisi timur. Karena angin kencang api yang sudah melalap sebagian gudang terus merembet kedua gudang lainnya yang berdekatan.

Pak So, 45,waker gudang tengah yang pertama kali melihat api membakar gudangnya langsung berlari berusaha untuk memadamkan. Karena angin, api terus membesar dan merembet ke bagian atas.
” Saya langsung lari melihat gudang yang saya jaga mengeluarkan api, saya mencoba mematikan api tetapi api terus besar”, ujarnya.

Saat api mulai membakar gudang di bagian tengah, pak Napi, 65, yang saat itu tidur di dalam gudang nyaris terpanggang. “SAaya langsung ingat kalau pak Napi kemit ini tidur di dalam gudang di pojok selatan langsung saya tarik keluar”, ujar pak So.

Masing masing gudang yang terbakar ada 91 kamar, 3 gudang semua isi tembakau dan 1 gudang yang ada di sisi barat masih kosong. dari tiga gudang yang terbakar berisi 91 ton. Saat gudang terbakar di dalam tidak ada aktifitas ngopen. “Ngopen selesai pukul 24.00,” ujar Leo Tumanggor GM PTP N X Kebun Kertosari.

Akibat kejadian ini, PTPN X Kertosari mengalami kerugian sekiatr Rp. 2 M. ini. Kerugian ini belum termasuk alat alat yang ada di dalam gudang yang ikut terbakar,”pungkas Leo.(*)

Reporter : Jumai

Fotografet: Jumai

Editor: Winardi Nawa Putra

Reporter :

Fotografer :

Editor :