SAR Lokal, Terbentuk karena Banyak Kecelakaan Laut

MASIH EKSIS: Sar Lokal Rimba Laut yang beranggotakan 25 orang tetap eksis memberikan bantuan untuk pencarian korban di laut dan di sungai.

RADARJEMBER.ID – Keberadaan SAR Lokal Rimba Laut awalnya ada karena sering ada kecelakaan laut di wilayah pantai Payangan, Watu Ulo, Desa Sumberejo, kecamatan Ambulu. Awalnya SAR lokal yang belum diberi nama itu beranggotakan 80 orang yang terdiri atas penyelam, nelayan, dan perambah hutan.

IKLAN

Terbentuknya SAR Lokal yang 80 orang tersebut benar-benar membantu wisatawan yang mengalami kecelakaan yakni terseret ombak. Awalnya memang hanya diberi nama SAR Lokal yang terbentuk pada tahun 2012.

Dari 80 orang anggota kini hanya tinggal 25 orang anggota saja setelah diubah menjadi SAR RIMBA Laut yang sudah dinotariskan pada tahun 2015. “Memang awalnya ada 26 anggota, tetapi ada satu orang yang meninggal karena sakit sehingga tinggal 25 orang saja,” ujar Eko sebagai pembina.

SAR Rimba Laut selalu siap ketika ada kecelakaan laut saat menikmati Pantai Payangan dan Watu Ulo, Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu. Sebab, sebagian dari anggota SAR ini anggota dari nelayan, penyelam, dan perambah hutan. Karena itu, ketika terjadi ada orang hanyut. misalnya di sungai atau terseret ombak, SAR Rimba Laut selalu siap.

Bahkan, SAR Lokal Rimba Laut ini selalu bergabung dengan tim BASARNAS Jember, BPBD Jember. “Pokoknya setiap ada bencana SAR Rimba Laut juga selalu ikut,” ujar Eko. SAR Rimba Laut pernah seminggu bersama tim TRC BPBD dan BASARNAS Jember ikut mencari orang yang hilang di gunung.

Untuk pencarian korban yang terseret ombak saja, anggota SAR Rimba Laut juga melakukan pencarian dengan menyelam. Hanya bermodalkan keberanian saja dan menggunakan pelampung juga sering dilakukan.

Apalagi saat hari libur, anggota SAR Rimba Laut selalu siap di pinggir pantai sambil memantau wisatawan yang mandi di pantai. Tidak hanya kecelakaan di laut atau orang hanyut di sungai, dalam penanganan bencana tim SAR Rimba Laut juga sering bergabung.
Memang awalnya semua anggota tim SAR Rimba Laut ini dibina oleh anggota Satpol Air Polres Jember di Puger.

“Pak Mardi awalnya anggota Satpol Air, sekarang sudah pindah di Polsek Mumbulsari. Tetapi hingga saat ini masih terus melakukan kontak terkait dengan keberaaan SAR Rimba Laut sekarang ini,” pungkas Eko.

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Shodiq Syarif