Arus Balik Mulai Padati Gumitir

MULAI PADAT: Jalur Gumitir, di Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, mulai dipadati pengguna jalan yang melakukan arus balik. Sebagian memang memilih H+3 Lebaran untuk menghindari kemacetan di puncak arus balik tahun ini.

RADARJEMBER.ID- Hati-hati bila melintas di jalur Gumitir, Desa Sidomulyo, Silo. Karena jalur tersebut mulai dipadati pengguna jalan. Baik yang kembali ke tempat kerja maupun yang masih melakukan anjang sana ke rumah keluarga. Tetapi yang paling banyak, adalah kendaraan arus balik, yakni warga yang akan kembali ke tempat kerja di Bali.

IKLAN

Sutarno, 45, bersama Sulastri, 40, memilih kembali ke Bali H+3 Lebaran agar biar tidak terlalu rame di jalan. Ternyata H+ 3 Lebaran juga banyak yang menuju bali, ujarnya saat ditemui di reast area di Watu Gudang Jumat (7/6) pagi.

Sehingga jalur gumitir cukup padat kendaraan yang melintas, selain dipadati kendaraan roda dua, pengguna jalan yang menggunakan roda empat khususnya mobil pribadi juga banyak. Selain itu Bus AKDP juga banyak yang melintas karena juga yang menggunakan bus saat kembali ke tempat kerja.

Menurut Muhammad Poernomo, 45 warga Dusun Pasar Alas, Desa Garahan, Silo biasanya H+3 untuk menghindari ramainya arus kendaraan. Karena puncak arus balik diprediksi terjadi dua hari pada akhir pekan, persisnya H+4 dan H+5 Lebaran.

Kendati demikian, pantauan radarjember.id, pada H+3 Lebaran, kepadatan arus kendaraan mulai tampak. Sejak pagi, sudah banyak kendaraan yang melintas di jalur tersebut. Mayoritas adalah pengguna motor dengan tujuan Bali. Rata-rata, mereka berboncengan dengan istri dan anaknya.

Bahkan, tak hanya kelurga, mereka juga banyak yang membawa barang. Sehingga sudah jamak terlihat, setiap pengendara motor yang ke arah Bali, kendaraan bagian belakang mereka dipenuhi barang dan tas berukuran besar. Bahkan, sebagian ada yang menambahi panjang jok motor menggunakan kayu agar bisa digunakan mengangkut bawang bawaan.

Melihat kondisi ini, Kasatlantas Polres Jember AKP Edwin Nathanael mengimbau agar pengendara motor yang kembali ke tempat kerja lebih berhati-hati. Mereka harus lebih konsentrasi ketika berkendara di jalan.

Karena, menurut dia, H+3 Idul Fitri sudah banyak warga yang mulai kembali ke tempat kerja. “Perhatikan rambu lalu lintas dan istirahat di rest area yang sudah disiapkan di masing masing polres,” pesannya. (*)

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Mahrus Sholih