Tari Tradisional Masih Diminati

RADAR JEMBER.ID – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melestarikan kebudayaan daerah. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) IAIN Jember, yakni dengan mengadakan festival tari tradisional tingkat mahasiswa.

IKLAN

Acara yang digelar di Aula IAIN Jember itu menampilkan kesenian tari yang berasal dari berbagai daerah. Ketua Umum HMPS PIAUD Renda Nur Rofiah mengungkapkan, acara tersebut merupakan salah satu program kerja kepengurusannya yang ingin melestarikan kebudayaan lokal.

Dari sekian peserta itu, menurutnya, banyak didominasi oleh kalangan mahasiswa putri. “Ada 13 tim mahasiswa dari kawasan Jember dan sekitarnya, masing-masing tim itu beranggotakan empat sampai lima orang,” tuturnya.

Renda juga menambahkan, peserta membawakan konsep tari dari beragam daerah. Tak hanya dari Jawa, tetapi juga dari luar Jawa. “Seperti Tari Kembang Goyang, Tari Jaripah, Tari Boran, Tari Bajidor, Tari Gandewa, dan Tari Seblang,” imbuh Renda.

Dia berharap, dengan digelarnya acara tersebut, kesenian tradisional bisa tetap ada dan dapat diteruskan oleh generasi muda. “Saat ini kan banyak tari-tarian modern, dan anak-anak muda banyak yang menyukainya. Dengan acara ini mereka bisa memiliki kepedulian terhadap kesenian daerah yang terancam punah,” pungkasnya.  (*)

Reporter :

Fotografer : maulana

Editor : Hadi Sumarsono